Cuaca Buruk, Harga Beras pun Naik

Cuaca Buruk, Harga Beras pun Naik

LAYANI PEMBELI - Salah satu pedagang beras tengah melayani pembeli di Pasar Batang.--

 

BATANG - Harga beras di pasaran kini mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan oleh cuaca Buruk yang akhir- akhir ini terjadi di Pantura. Kenaikan yang terjadi sejak Januari 2023 itu banyak dikeluhkan oleh para pedagang, karena berdampak terhadap turunnya daya beli konsumen.

 

Salah satu pedagang, Khotim mengatakan, kenaikan harga berkisar Rp1.000,00 baik untuk beras dengan kualitas biasa, maupun medium dan super.

 

“Beras kualitas super sekarang jadi Rp12.500,00 per kilogram, medium Rp11.500,00 per kilogram dan biasa Rp10.500,00 per kilogram,” ungkapnya saat ditemui di Pasar Batang, Selasa (31/1/2023).

 

Ia mengakui, kenaikan harga beras mempengaruhi pembelian konsumen yang berkurang. “Ya ini karena cuacanya hujan terus jadi kiriman berasnya berkurang,” ungkapnya.

 

Sementara itu, disampaikan Darmanto, penjual nasi goreng, bahwa kuantitas beras yang dibeli sedikit berkurang karena harga beras yang makin naik.

 

“Biasanya saya beli di sini 6 sampai 7 kilogram, sekarang cuma 5 kilogram. Kemarin-kemarin Rp10.000,00, sekarang jadi Rp12.500,00,” ujar dia.

 

Meski harga beras naik, namun ia menjual nasi goreng dengan harga normal. Ia tak ingin pelanggannya pergi karena harga nasi gorengnya naik. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: