Tangani Stunting dengan Program Kancing Merah, Ganjar Dorong Daerah Lain untuk Berinovasi

Tangani Stunting dengan Program Kancing Merah, Ganjar Dorong Daerah Lain untuk Berinovasi

Gubernur Ganjar Pranowo menyerang bantuan pada pelajar di Cilacap.-istimewa-

CILACAP - Untuk mengatasi kasus Stunting yang ada di daerahnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaunching program Gerakan Cegah Stunting Masa Depan Cerah (Kancing Merah). 

 

Program itu sendiri dilaunching saat rapat koordinasi percepatan penanganan kemiskinan ekstrem di Pendopo Kabupaten Cilacap, Kamis (2/2/2023).

 

Ganjar mendorong kabupaten/kota lain di Jawa Tengah untuk berinovasi dalam penanganan stunting. Atau setidaknya bisa mengadopsi program serupa. 

 

"Kalau Cilacap sudah buat itu (Kancing Merah), yang lain mungkin masih belum ada aplikasi yang bisa menampung itu, punya Cilacap dipinjem saja, Bupatinya juga sudah ikhlas kok,"ujar Ganjar.

 

Gubernur Jawa Tengah dua periode ini mengatakan, Kancing Merah merupakan bagian sistem yang akan bekerja memantau kondisi masyarakat secara detail. Mulai dari kondisi rumah, listrik, ketersediaan air bersih, ibu hamil dan yang beresiko tinggi.

 

"Artinya dengan cara itu, nanti semua bisa mengetahui detail dan itu spasial per desa. Jadi kalau mungkin kami mau mempermudah cara menginput dan membaca tinggal diklik di satu desa itu. Mudah-mudahan itu akan bisa mempercepat," terangnya.

 

Di Jawa Tengah juga sudah banyak inovasi program untuk menangani stunting. Di antaranya Gotong Royong Cegah Stunting (Gong Ceting) dan Juwiring Tanggap 1.000 Hari Pertama Kehidupan (Juwita 1000 Harta) Klaten, Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng), serta Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elmisil) yang diterapkan di beberapa daerah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: