Hujan, Terjadi Longsor di Beberapa Titik

Hujan, Terjadi Longsor di Beberapa Titik

TALUD LONGSOR - Talud pengaman di Dukuh Semboja Barat Desa Kaliboja Kecamatan Paninggaran longsor dan membahayakan rumah di atas dan bawahnya.--

PANINGGARAN - Wilayah pegunungan di Kabupaten Pekalongan berpotensi longsor saat musim hujan. Salah satunya di Kecamatan Paninggaran. Akibat diguyur hujan disertai angin kencang, longsor terjadi di sejumlah titik di Kecamatan Paninggaran, Kamis (2/2/2023) petang.

 

Kapolsek Paninggaran AKP Agus Supriyono, menerangkan, ada tiga titik longsor di Kecamatan Paninggaran saat hujan deras mengguyur wilayah itu pada Kamis petang lalu.  

Tiga titik longsor itu berada di Desa Kaliboja, Desa Krandegan, dan di Desa Werdi.

 

Disebutkan, talud atau tebing pembatas setinggi 10 meter di belakang rumah Wahiri dan Jaenal di Dukuh Semboja Barat RT 01 RW 02 Desa Kaliboja, longsor. Material longsoran ini menimpa tembok belakang rumah atau dapur rumah milik Sutriyono. Atas kejadian tersebut, Sutriyono mengalami luka-luka ringan pada bagian kaki dan telah dibawa ke Puskesmas Kalibening.

 

"Tembok belakang rumah Sutriyono atau bagian dapur jebol tertimpa material tembok talud yang longsor. Ia mengalami kerugian material kurang lebih Rp 20 juta. Untuk Wakhiri, bagian dapurnya longsor sehingga mengalami kerugian sekitar Rp 30 juta. Sama juga dengan Jaenal, bagian dapurnya longsor. Jaenal kerugiannya sekitar Rp 50 juta," terang Kapolsek Paninggaran.

 

Selain talud di Kaliboja yang longsor, rumpun bambu di tepi jalan di Desa Krandegan longsor. Sehingga akses jalan desa terhambat atau tidak dapat dilalui selama kurang lebih satu jam. "Warga bergotong-royong untuk membersihkan material longsor tersebut dan jalan sudah dapat dilalui kendaraan lagi," kata Agus.

 

Longsor ketiga terjadi di Dukuh Sawit, Desa Werdi. Longsoran menutupi jalan, sehingga akses jalan sempat tidak dapat dilalui kendaraan selama kurang lebih satu jam. Warga bergotong-royong untuk membersihkan material longsor tersebut, dan jalan sudah dapat dilalui kendaraan lagi.

 

Kapolsek Paninggaran AKP Agus Supriyono mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati selama musim hujan 2023 ini. Sebab, wilayah Paninggaran rawan terjadi bencana longsor dan pohon tumbang. "Laporkan secepatnya jika ada kejadian, agar bisa segera ditangani," pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: