Ratusan Pelajar Ikuti PCC Wasbang 2023

 Ratusan Pelajar Ikuti PCC Wasbang 2023

AKTIVITAS - Para peserta LCC antusias mengerjakan soal-soal LCC--

KOTA - Ratusan pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dari 28 SMA/SMK/ se- Kota Pekalongan beradu ketangkasan dalam mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), selama 2 hari. Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid hadir membuka kegiatan tersebut di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Pekalongan, Senin (6/2/2023). LCC Wasbang ini digelar guna menumbuhkan rasa nasionalisme serta meningkatkan wawasan berbangsa dan bernegara pada anak-anak generasi penerus bangsa.

 

Walikota Pekalongan yang akrab disapa Aaf tersebut mengungkapkan bahwa, kegiatan LCC Wasbang ini harus terus ditingkatkan. Menurutnya, hal ini sangat penting supaya generasi penerus bisa terus mengasah pemahaman dan pengimplementasian tentang nilai-nilai wawasan kebangsaan  demi pembangunan bangsa. 

 

"Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota Pekalongan untuk menanamkan sikap nasionalisme. Kegiatan LCC ini diharapkan dapat menambah wawasan kebangsaan dan menumbuhkan kesadaran serta dapat menggugah semangat persatuan dan rasa cinta tanah air," ucapnya.

 

Dijelaskan Aaf, semangat cinta tanah air wawasan kebangsaan ini harus selalu dipelihara dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-sehari sesuai dengan perkembangan zaman dan tantangan bangsa. 

 

"Melalui kegiatan LCC ini akan menggugah semangat persatuan dan cinta tanah air di kalangan pelajar sehingga para pelajar sebagai pemegang estafet bangsa dapat menjadi calon pemimpin bangsa yang cinta tanah air dan dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan yang baik," tegasnya. 

 

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Pekalongan, M Taufiqu Rochman menjelaskan bahwa, Badan Kesbangpol Kota Pekalongan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Dindik) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan menggelar LCC Wasbang tingkat pelajar SMA/SMK/MAN dengan jumlah peserta sebanyak 28 sekolah.

 

"Dari masing-masing sekolah mengirimkan 1 tim perwakilan pelajarnya terdiri dari 3 orang, yang sebelumnya sudah diseleksi dan kami akan mengambil 5 tim terbaik yang akan menjadi pemenang LCC Wasbang tingkat SMA/SMK/MAN se-Kota Pekalongan ini," papar Taufiq.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: