Giliran Harga Komoditas Bumbu Dapur Naik

 Giliran Harga Komoditas Bumbu Dapur Naik

LAYANI PEMBELI - Salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Batang tengah melayani pembeli. --

 

BATANG - Belum selesai dengan kenaikan harga beras, kini masyarakat kembali dipusingkan dengan harga sejumlah komoditas bumbu dapur yang juga merangkak naik. Kenaikan paling tinggi terutama terjadi pada bawang merah dan cabai merah, bahan utama di setiap masakan.

 

Dari hasil pemantauan di Pasar Batang, Senin (6/2/2023), kenaikan harga komoditas bumbu dapur ini mulai berlangsung pekan ini. Adapun kenaikannya mencapai Rp 4 ribuan per kilogramnya. Untuk harga cabai rawit merah dan bawang merah misalnya, kini mencapai Rp52 ribu, dari sebelumnya Rp48 ribu per kilogram.

 

Kenaikan harga ini pun diamini Karanah, salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Batang. Menurut dia, hampir seluruh harga bumbu dapur mengalami kenaikan, sehingga pembeli pun ikut berkurang. Dengan harga yang terus naik jumlah yang dibeli pun berkurang.

 

“Pembeli yang datang sekarang tidak mesti, kalau pun beli tidak sebanyak dulu,” katanya saat ditemui, di Pasar Batang, Senin (6/2/2023).

 

BERAS DAN MINYAK

Kenaikan harga ternyata tidak hanya terjadi pada komoditas bumbu dapur. Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Batang, Endang Rahmawati menerangkan, barang kebutuhan pokok seperti beras dan minyak goreng pun mengalami kenaikan harga lebih dulu.

 

“Beras kualitas medium pekan lalu Rp10.500,00 hari ini naik jadi Rp12.000,00 per kilogram. Minyak goreng curah Rp16.000,00 per kilogram, sedangkan minyak goreng subsidi Miyakita sudah naik jadi Rp14.500,00 per liternya,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: