BPBD Sayangkan Gagalnya Normalisasi Sungai Gabus

 BPBD Sayangkan Gagalnya Normalisasi Sungai Gabus

Sekretaris BPBD Kabupaten Batang, Puji Setiyo Wati--

BATANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang menyesalkan gagalnya proyek pengendalian banjir rob di Sungai Gabus daerah itu. Terlebih, beberapa desa di sepanjang Sungai Gabus diketahui rutin menjadi langganan banjir karena luapan debit sungai.

 

"Tentu kami sangat sayangkan dan sesalkan tidak jadinya program normalisasi Sungai Gabus yang akan dikerjakan oleh BBWS Pemali Juwana itu," ungkap Sekretaris BPBD Kabupaten Batang, Puji Setiyo Wati, saar ditemui dikantornya, Kamis (9/2/2023).

 

Ia mengatakan, jika turun hujan selama tiga jam tanpa henti, pasti Sungai Gabus akan meluap, dan berdampak banjir yang merendam hampir puluhan hingga ratusan pemukiman warga setempat.

 

"Ya, jika tidak jadi ada normalisasi sungai ini tentunya dampaknya akan melebar. Sebab, bencana banjir di Kota Batang sudah menjadi agenda rutin apabila turun hujan lebih dari tiga jam tanpa henti," jelasnya.

 

Sementara itu, disebutkan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Batang, Suryantoro bahwa memang keberadaan Sungai Gabus dengan kondisi seperti sekarang ini seringkali menimbulkan banjir.

 

"Apabila turun hujan pasti air dari sungai itu meluap, menggenangi jalan hingga merendam pemukiman warga setempat. Sedikitnya ada tujuh desa yang merasakan dampak dari luapan air Sungai Gabus itu," terangnya.

 

Adapun, disebutkan dia, beberapa desa yang sering terendam banjir dari aliran Sungai Gabus itu ialah Watesalit, Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulon, Karanganyar, Kasepuhan, Denasri Wetan, dan Denasri Kulon.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: