Stok Darah Aman, UDD PMI Gencarkan Kegiatan Mobile

Stok Darah Aman, UDD PMI Gencarkan Kegiatan Mobile

AMAN - Petugas UDD PMI menunjukkan stok darah dalam kondisi aman.--

KOTA - Stok darah pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Pekalongan dalam kondisi aman. selain membuka pelayanan selama 24 jam, sejumlah  kegiatan mobile juga terus digelar guna mencukupi kebutuhan darah. 

 

Petugas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (PPDDS) UDD PMI Kota Pekalongan, Aji Putro mengungkapkan, total stok darah per Kamis (9/2/2023) untuk darah lengkap (WB) golongan darah A 40 kantong, B 74 kantong, O 103 kantong, AB 6 kantong, darah Packed Red Cell (PRC) golongan darah A 2 kantong, B 12 kantong, O 15 kantong, AB 1 kantong serta Thrombocyte Concentrate (TC) A 2 kantong dan B 1 kantong.

 

Permintaan dan kebutuhan darah di kota Pekalongan saat ini dikatakan Aji masih dalam kondisi stabil, dimana per harinya rata-rata 30 kantong disalurkan ke rumah sakit sekitar. 

 

Dia mengatakan, kegiatan mobile donor darah sudah dilakukan di sejumlah satuan pendidikan dan instansi pada awal tahun 2023, “Meskipun saat ini cuaca di Kota Pekalongan masih sering hujan, kami tetap berusaha melaksanakan kegiatan ini, beberapa tempat sudah mulai kita kunjungi,” jelasnya, Kamis (9/2/2023).

 

Aji mengatakan, kesadaran masyarakat terutama generasi milenial di Kota Pekalongan untuk donor darah sudah cukup bagus. Mengingat banyaknya manfaat dari donor darah, ia mengimbau agar masyarakat untuk bisa melakukan donor darah secara rutin. 

 

“Banyak hal positif yang didapat pendonor seperti menjaga kesehatan jantung, sirkulasi darah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu deteksi dini penyakit tertentu. Karena sebelum donor pasti kita cek kondisi kesehatan dahulu, juga tentunya bisa saling membantu sesama,” pungkasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: