Musim Hujan Banyak Jalan Rusak

Musim Hujan Banyak Jalan Rusak

PERBAIKAN - Sejumlah petugas tengah melakukan perbaikan jalan di Jalur Pantura Wiradesa. -Triyono-

**Cuaca dan Tonase Faktor Utama Penyebab

 

KAJEN - Seperti tahun sebelumnya, di saat musim penghujan banyak jalan rusak. Hampir di setiap ruas jalan ditemukan jalan berlubang. Meski sering dibenahi namun, dengan cuaca ekstrem mempercepat kerusakan jalan. 

 

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah - DI Yogyakarta (BBPJN Jateng-DIY) melalui Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Jawa Tengah PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah, Christanto Yudha Saputra saat ditemui akhir pekan kemarin membenarkan. Kata dia, kerusakan jalan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya genangan air akibat kerap terjadi hujan. Kemudian kendaraan muatan barang yang melebihi tonase, sehingga jalan cepat rusak. 

 

"Memang salah satu faktor utama penyebab kerusakam jalan adalah cuaca ekstrem. Sebab dengan kondisi jalan yang selalu basah maka cepat rusak," katanya. 

 

Selain itu, lanjut dia, penyebab kerusakan jalan lainnya adalah muatan melebihi tonase yang membuat jalan aspal bergelombang dan rusak. 

 

Diterangkan, adanya kerusakan tersebut pihaknya sudah melakukan perbaikan, dengan melaksanakan beberapa paket pekerjaan pemeliharaan jalan di sepanjang ruas Jalan Nasional Pemalang -Plelen pada tahun 2023. Paket pekerjaan tersebut terdiri dari Paket Rekonstruksi Jalan Pemalang - Pekalongan SBSN, paket e-catalogue, dan pekerjaan Pemeliharaan Rutin Jalan Pemalang - Pekalongan - Batang - Weleri oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) 1.2 Provinsi Jawa Tengah.

 

Adapun total penanganan ruas Jalan Nasional di sepanjang Pemalang hingga Plelen yang menjadi tanggung jawab pengawasan PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah adalah sepanjang 97.01 Km.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: