2.565 Pantarlih Batang Mulai Coklit ke Rumah Warga

2.565 Pantarlih Batang Mulai Coklit ke Rumah Warga

COKLIT - Petugas Pantarlih saat melakukan coklit ke rumah Kepala Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata.-Novia Rochmawati-

BATANG - KPU Kabupaten Batang mulai menerjunkan 2.565 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Mereka nantinya mendatangi rumah-rumah warga guna pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024.

 

Pelaksanaan Coklit yang dimulai 12 Februari hingga 14 Maret 2023 ini diharapakan dapat memvalidasi pemilih. Sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 mendatang. 

 

"Jika memenuhi syarat, nantinya didaftar sebagai pemilih, dengan diberi tanda bukti telah terdaftar dan akan ditempelkan penanda stiker terdaftar di rumahnya," tutur Ketua KPU Batang, Nur Tofan, Senin (13/2/2023). 

 

Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Batang, Susanto Waluyo mengharapkan warga bisa menerima dengan baik kedatangan Pantarlih untuk melakukan coklit karena mereka menjalankan tugas.

 

Pihaknya juga mengaktifkan GPS di masing-masing petugas coklit lewat HP-nya sehingga semua petugas terpantau. Penempelan stiker juga wajib dilakukan usai melakukan coklit sebagai tanda bukti telah terdaftar. "Masyarakat tidak perlu khawatir lantaran pantarlih dibekali dengan kartu identitas, rompi, dan topi," ujarnya.

 

Dari tahapan coklit ini, pihaknya menargetkan baliditas data pemilih di masing-masing TPS. "Target kami itu adalah bukan masalah jumlah, tapi kevalidan, di mana wilayah kerja pantarlih itu sudah benar-benar dicoklit semua harapannya, sehingga data-data sesuai untuk Pemilu 2024," pungkasnya

 

Salah satu warga yang turut dicoklit adalah Kepala Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata. Tokoh masyarakat Kabupaten Batang tersebut berharap tahapan ini bisa didukung oleh masyarakat. Salah satunya dengan memberikan waktu untuk pencoklitan data pemilih. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: