Setahun Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Launching 'Siaga Pengawasan'

Setahun Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Launching 'Siaga Pengawasan'

SIAGA PENGAWASAN - Bawaslu Kota Pekalongan bersama Forkompiomda saat melepas balon sebagai simbol 'Siaga Pengawasan' setahun jelang pelaksanaan Pemilu 2024.-ainul atho-

KOTA - Bawaslu Kota Pekalongan menggelar kegiatan 'Siaga Pengawasan' tepat setahun sebelum gelaran Pemilu 2024. Dalam kegiatan yang dilaksanakan Selasa (14/2/2023) di Lapangan Tenis PDAM tersebut, juga dilakukan launching komunitas digital pengawasan partisipatif serta deklarasi Pemilu damai dan berintegritas.

 

Anggota Bawaslu Kota Pekalongan, Bambang Sukoco mengatakan, pengawasan Pemilu sudah mulai dilakukan sejak tahap persiapan hingga pelaksanaan. Bawaslu mengoptimalkan pengawasan dalam berbagai aspek sebagai upaya menjaga kualitas demokrasi sehingga Pemilu dapat berjalan luber dan jurdil sesuai amanat undang-undang.

 

"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai simbol kesiapan pengawasan Pemilu tepat satu tahun menjelang pelaksanaan Pemilu," tuturnya.

 

Langkah lain yang dilakukan Bawaslu, dikatakan Bambang yakni inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam berpartisipasi melakukan pengawasan. Bawalu menciptakan aplikasi digital dengan nama 'Jarimu Awasi Pemilu' untuk percepatan pertukaran informasi pengawasan.

 

Masyarakat juga dapat terlibat langsung melakukan pelaporan jika menemui konten-konten di media sosial yang diduga melanggar aturan Pemilu. "Laporan-laporan yang masuk melalui aplikasi ini akan menjadi dasar bagi Bawaslu untuk melakukan penanganan," jelas Bambang.

 

Selain itu, Bawaslu juga membuka posko 'Kawal Hak Pilihmu' sebagai tempat untuk masyarakat melapor jika belum terdaftar sebagai pemilih. "Berbagai upaya dilakukan Bawaslu untuk mewujudkan Pemilu yang damai, berintegritas, luber dan jurdil," katanya.

 

Mengenai potensi kerawanan dalam Pemilu 2024, dia menjelaskan bahwa netralitas ASN dan perangkat di tingkat kelurahan harus diantisipasi. Kemudian juga terkait daftar pemilih yang juga harus dipastikan sesuai serta potensi kendala lain seperti bencana baik alam maupun non alam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: