Sambut Ramadan, Warga Desa Rogoselo Gelar Nyadran

Sambut Ramadan, Warga Desa Rogoselo Gelar Nyadran

NYADRAN - Warga Desa Rogoselo Kecamatan Doro menggelar tradisi Nyadran. -Triyono-

KAJEN - Sebagai bentuk syukur dan harapan agar dijauhkan dari bala bencana, warga Desa Rogoselo Kecamatan Doro menggelar Tradisi Nyadran jelang bulan suci Ramadan. Kegiatan dilaksanakan di Makam Mbah Kyai Luki Dukuh Sorosido Desa Rogoselo Kecamatan Doro, Rabu (15/02/2023). 

 

Kegiatan Nyadran dihadiri oleh ratusan warga sekitar. Dalam kesempatan itu warga membawa nasi golong atau tumpeng dari rumah masihg-masing. Selanjutnya saat di lokasi, dilakukan doa dan makan bersama. Sebagian juga dibagikan ke warga sekitar.

 

Acara juga diisi dengan membersihkan makam, doa bersama untuk mendiang para leluhur Desa Rogoselo Kecamatan Doro, juga dipaparkan program pemerintah desa setempat. 

 

Kepala Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Saronto mengatakan tradisi Nyadran sekaligus Haul Mbah Kyai Luki dilaksanakan setiap tahun menjelang bulan suci Ramadan. Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk syukur dan melestarikan budaya tersebut juga sebagai ajang silaturahmi tokoh masyarakat, pemerintah desa bersama warga sekitar. "Ini juga sebagai bentuk uri uri budaya," katanya. 

 

Dikatakan, tradisi Nyadran juga untuk mendoakan pada tokoh desa, kemudian meminta dijauhkan dari bala bencana. Sehingga hasil perkebunan, pertanian tetap lohjinawi. "Semua warga diberikan keselamatan dan kesehatan, " imbuhnya. (Yon) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: