Bentuk Karakter Sejak Dini

Bentuk Karakter Sejak Dini

PESTA SIAGA BOJONG - Camat Bojong Farid Abdul Khakim melepas balon ke udara saat membuka Pesta Siaga Ranting Bojong 2023 di SMPN 2 Bojong.-Hadi Waluyo-

*Kwartir Bojong Gelar Pesta Siaga 2023

 

BOJONG - Dalam rangka membentuk karakter anak sejak dini, gerakan Pramuka Kwartir Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, menggelar Pesta Siaga 2023. Pesta Siaga dipusatkan di SMPN 2 Bojong dan dibuka Camat Bojong Farid Abdul Khakim, Kamis (16/2/2023).

 

Camat Bojong Farid Abdul Khakim mengapresiasi Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Bojong yang telah menyelenggarakan kegiatan positif terhadap anak-anak Pramuka usia siaga ini. Dengan diselenggarakannya kegiatan Pesta Siaga Ranting 2023 ini, secara tidak langsung telah andil dan berperan aktif ikut serta membangun wilayah Kecamatan Bojong melalui wadah gerakan Pramuka. Yakni dalam bentuk pembinaan generasi muda melalui kreativitas dengan macam kegiatan yang disajikan, pengenalan budaya, pengembangan bakat melalui kegiatan di alam terbuka yang jauh dari lingkungan keluarga dan lainnya.

 

"Perlu kakak sampaikan kepada adik-adik siaga, pada kesempatan ini adik-adik akan berpesta menguji kemampuan dari apa yang adik peroleh selama pelatihan. Saya berpesan bergembiralah dan berprestasilah sekaligus raihlah jiwa kemandirian lewat pesta siaga ranting tahun 2023 ini," tandasnya.

 

Dengan adanya kegiatan pesta siaga untuk Kwartir Bojong di tahun 2023 ini, ia berharap dapat membentuk karakter untuk adik-adik Pramuka sejak usia dini. Sehingga kedepan dalam pola pembinaan generasi muda ini ada kesenambangunan dalam rangka pembinaan ke adik-adik, terutama di bidang kepramukaan.

 

"Kegiatan pesta siaga ini kondisional. Pola raihan prestasi dalam pesta siaga ini tentu disesuaikan dengan kondisi dan situasi saat ini dimana hal-hal keterkaitan dengan informasi teknologi, terutama soal budaya yang selama ini tentang generasi muda ini sudah agak lupa tentang tepo sliro, unggah ungguh, adab, dan perilaku ini memang ditanamkan sejak dini di kepramukaan tingkat siaga," katanya.

 

Ketua Kwarran Bojong Widlajat, menambahkan, Pesta Siaga Ranting Bojong tahun 2023 diikuti oleh 40 barung putra dan 40 barung putri. Mereka berasal dari 37 SD dan 3 MI di Kecamatan Bojong. "Kegiatannya satu hari. Ada delapan taman dilombakan sesuai arahan dari Kwarcab, ada taman budaya, Indonesia Hebat, dan lainnya," kata dia. (had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pramuka