13 Sekolah di Kabupaten Pekalongan Terendam Banjir

13 Sekolah di Kabupaten Pekalongan Terendam Banjir

BANJIR - Sebanyak 13 Sekolah di wilayah Kabupaten Pekalongan, Kamis (23/02/2023) terendam banjir. -Triyono-

KAJEN - Sebanyak 13 Sekolah di wilayah pesisir pantura Kabupaten Pekalongan terendam banjir. Banjir diakibatkan hujan lebat semalam. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Kholik ketika dihubungi, Kamis (23/02/2023), membenarkan kejadian. 

Atas kondisi tersebut, pihaknya sudah menyampaikan kepada para Kepsek bila air banjir mencapai 20 cm ke atas maka sekolah tersebut diminta meliburkan siswa-siswinya dan belajar dari rumah. 

"Untuk sekolah yang ketinggian airnya di bawah 20 cm atau masih bisa diakses untuk belajar di sekolah, maka aktivitas belajar mengajar masih tetap bisa dilaksanakan seperti biasanya, " kata dia. 

 

Terkait jumlah sekolah yang banjir, Kholik menjelaskan bahwa hingga saat ini terdata ada 13 sekolah SD dan SMP yang ketinggiannya di atas 20 cm. Misalnya seperti SMPN 2 Wiradesa, yang bahkan masuk hingga ke ruangan Kepseknya.

 

''Kalau airnya bisa surut dengan cepat maka keesokan harinya bisa langsung masuk sekolah seperti biasanya. Pemberitahuan ke siswa-siswi secara otomatis sudah langsung disampaikan dari masing-masing satuan pendidikan, melalui Kepsek,'' ujar dia.

 

Dikatakan rencananya, kegiatan UTS akan berlangsung pada 27 Februari 2023 hingga 4 Maret 2023. Sementara untuk ulangan harian, untuk sekarang belum ada kegiatan tersebut.

Kholid mengaku sudah memetakan sekolah-sekolah yang sering terendam air atau mengalami kebanjiran dengan ketinggian hingga mencapai 20 cm ke atas. 

 

Untuk menangani itu, Bidang Sarpras dari Dindikbud telah menyiapkan diri untuk melakukan pembangunan Sarpras di sekolah-sekolah yang sering terkena banjir di 2023 dan 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: