Akses Jalan Warungasem-Batang Kian Rusak Parah

Akses Jalan Warungasem-Batang Kian Rusak Parah

RUSAK - Kondisi Jalan Ir Moh Hatta yang rusak dan penuh genangan air. -Novia Rochmawati-

*Sempat Diplot Banprov, Batal Karena Salah Data

 

BATANG - Jalan Ir Moh Hatta menjadi salah satu jalur alternatif bagi masyarakat Warungasem untuk menuju ke arah Batang Kota. Meski begitu, kondisinya kini memprihatinkan. 

 

Pasalnya, jalan yang melintasi Desa Lebo dan Candiareng Warungasem ini rusak parah. Kondisi jalan tidak merata dan cenderung berbatu. Beberapa sisinya pun ambles dan jika hujan menimbulkan banyak kubangan. 

 

Jalan sepanjang satu kilometer itu sedianya pernah mendapatkan anggaran perbaikan dari Bantuan Keuangan Provinsi (Banprov) Jawa Tengah Tahun 2021. Namun bantuan yang diberikan tersebut tidak dapat digunakan lantaran adanya salah input data, yakni kesalahan penulisan nomenklatur. 

 

"Pemerintah Provinsi Jawa Tengah salah dalam penulisan kalimat di Banprov yang diberikan. Ketika ada Banprov itu penulisan nama kegiatannya tidak pas. Yaitu untuk sarana dan prasarana jalan, sehingga tidak diperbolehkan untuk pengaspalan," ujar Camat Warungasem, Darsono.

 

Karena insiden tersebut, bantuan pun dialihkan untuk kegiatan dan lokasi lain di Desa Lebo. Jalan sepanjang 300 meter di Desa Lebo itu hingga kini belum diperbaiki. Rusaknya jalan ini semakin parah lantaran lalu lalang aktivitas truk yang membawa material. Hal ini karena di sepanjang jalan ini, ada 4 perumahan baru yang masuk masa pembangunan. 

 

Tak hanya itu, besaran anggaran Banprov juga tertukar. Pasalnya Desa Candiareng yang panjang jalannya 700 meter hanya mendapatkan bantuan Rp100 juta. Sementara di Desa Lebo malah diberikan bantuan Rp200 juta, padahal panjangnya 300 meter. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: