Bekali Wisudawan Kenal Dunia Kerja

Bekali Wisudawan Kenal Dunia Kerja

TANDATANGAN - Penandatanganan berita acara pembekalan calon wisudawan dari Rektor Unikal dan Perwakilan Muamalah Institut.-Malekha-

KOTA - Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar pembekalan calon wisudawan periode Maret 2023 agar lebih mengenal dekat dengan dunia kerja serta dunia usaha.

 

Ketua UBKK Unikal, Arum Ardianingsih SE MAcc AkCA bahwa ini merupakan kegiatan rutin Unikal sebelum ada pelaksanaan wisuda yang digelar sebanyak dua periode yaitu periode Maret dan September. Pembekalan ini adalah salah satu unsur yang penting dalam menyiapkan mental dan SDM para calon wisudawan untuk mengahadapi dunia pasca kampus.

 

"Kegiatan ini membekali para calon wisudawan agar mereka itu lebih mengenal tentang dunia kerja dan dunia usaha. Kenapa kok dunia kerja dan dunia usaha karena mereka nanti bisa memilih untuk ke depan apakah mereka akan menjadi seorang profesional di perusahaan atau memilih karir mereka sebagai seorang entrepreneurship," ungkap Arum, sapaan akrabnya.

 

Terkait materi pembekalan kali ini, Unikal mengundang dari praktisi perusahaan yaitu Muamalat Institut yang akan berbagi mengenai apa saja yang harus dipersiapkan oleh para alumni dalam memasuki dunia kerja agar mereka sukses. Selain itu Unikal juga  mengundang alumni yang sukses memulai usaha, sehingga mereka bisa merubah mindset para calon wisudawan bahwasannya sukses itu tidak hanya di dunia kerja saja tetapi juga sukses  bisa dari jalur wirausaha.

 

"Kami berharap, dengan pembekalan ini calon wisudawan bisa lebih siap lagi, kemudian mereka bisa memantaskan diri dan mantap memilih sebagai seorang profesional di perusahaan ataupun sebagai entrepreneurship," imbuhnya.

 

Sementara itu, Rektor Unikal Andi Kushermanto SE MM menuturkan bahwa kegiatan pembekalan ini merupakan wujud tanggung jawab Unikal kepada lulusan. Karena sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwa  ada kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja maka dengan perbekalan ini mereka bisa menjadi lebih siap untuk memasuki dunia kerja.

 

"Seperti yang tadi saya sampaikan bahwa dimanapun posisi kita kemampuan mahasiswa lebih ditekankan kepada soft yaitu persoalan karakter. Karena karakter itu memadukan tiga hal yaitu etika moral dan intelegensi ketika mahasiswa mampu untuk memadukan ketiganya saya pikir masuk akan survive di manapun karena di sana ada unsur kekuatan dari emosi mahasiswa kecerdasan emosi mahasiswa dan mahasiswa mampu beradaptasi dalam kondisi apa saja," jelas Andi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: