Pasokan dari Nelayan Berkurang, Harga Ikan di TPI Kota Pekalongan Naik

Pasokan dari Nelayan Berkurang, Harga Ikan di TPI Kota Pekalongan Naik

PELELANGAN IKAN - Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan, Rabu (8/3/2023) pagi.-wa-

KOTA - Kondisi cuaca tidak stabil di Perairan Utara Pulau Jawa membuat hasil tangkapan nelayan di Kota Pekalongan menurun. Dampaknya, harga ikan yang dilelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan mengalami kenaikan.

 

Kepala TPI Kota Pekalongan, Muhammad Mahson menjelaskan, sebelum cuaca ekstrem, harga ikan layang sekitar Rp20-23 ribu/kg. Sekarang, harganya bisa mencapai Rp25 ribu/kg di tingkat lelang.

 

Adanya kenaikan harga ikan ini terutama disebabkan oleh ketersediaan ikan yang berkurang, sebagai akibat cuaca ekstrem. Kenaikan harga BBM memang turut berpengaruh, namun tidak signifikan.

 

"Walaupun kenaikan BBM ini berpengaruh pada cost production di setiap kapal. Yang memengaruhi harga ikan adalah ketersediaan ikan itu sendiri," ucap Mahson, Rabu (8/3/2023).

 

Mahson menyebutkan, sebelumnya biasanya TPI Kota Pekalongan bisa melelang sebanyak 50 ton ikan per hari, namun pada Rabu (8/3/2023) hanya sekitar 30 ton. Hal ini berarti ketersediaan tidak mencapai batas yang diinginkan.

 

Adapun harga ikan per kilogramnya saat ini, antara lain ikan lemuru Rp13 ribu/kg, ikan tongkol Rp23 ribu, ikan dorang Rp49 ribu.

 

"Misal kalau ketersediaan ke depan bisa kembali 50 atau 60 ton, maka harga ikan akan kembali turun. Untuk menentukan harga, kami bandingkan dengan TPI di daerah-daerah lain dan harga sebelumnya," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: