457 Mahasiswa UIN Gus Dur Lulus sebagai Pendamping PPH

457 Mahasiswa UIN Gus Dur Lulus sebagai Pendamping PPH

-Wahyu Hidayat-

PEKALONGAN - Sebanyak 457 mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) berhasil lulus sebagai Pendamping Proses Produk Halal (PPH).

 

Mereka sebelumnya telah mengikuti pelatihan Batch 4 PPH yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI. Pelatihan ini dilaksanakan melalui website Sihalal (https://ptsp.halal.go.id/) dengan menggunakan perangkat pribadi mahasiswa pada 27-28 Februari 2023. 

 

Dari sebanyak 718 mahasiswa yang terdaftar mengikuti pelatihan, akhirnya 457 diantaranya lolos dan menerima sertifikat serta nomor registrasi dari BPJPH. Dengan begitu, LP3H UIN KH. Abdurrahman Wahid yang berlokasi di Gedung Pembelajaran Terpadu (GPT) lantai 1 Kampus 2, Kajen, kini memiliki tambahan pendamping PPH.

 

Menurut Dr. Kuat Ismanto, M.Ag. selaku Direktur HC UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, para pendamping yang telah lulus akan menerima pembekalan teknis terkait pelaksanaan pendampingan bagi Usaha Kecil dan Mikro (UKM). 

 

Mereka akan mempelajari tugas pokok pendamping, teknik pendampingan, verifikasi, dan validasi hingga UKM memperoleh sertifikat halal. "Diharapkan, produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha di wilayah Pekalongan dapat memiliki sertifikat halal dan memberikan jaminan serta branding yang positif bagi konsumen," ungkap Kuat Ismanto, dalam siaran persnya kemarin.

 

Dia mengharapkan, para pendamping yang telah lulus dapat bekerja secara profesional dalam mendampingi UKM. 

 

"Kampus kita ini memiliki peran penting dalam memfasilitasi UKM dan membantu mereka memperoleh sertifikat produk halal dari BPJPH secara gratis," ungkapnya. "Di sisi lain, produk-produk di wilayah Eks Karesidenan Pekalongan ini semakin memiliki kualitas dan jaminan produk halal bagi konsumen," imbuh Kuat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: