IBS Darul Ulum Selenggarakan Diklat Tahfidz Metode Tikror

IBS Darul Ulum Selenggarakan Diklat Tahfidz Metode Tikror

DIKLAT TAHFIDZ - IBS Darul Ulum MAN 1 Kota Pekalongan mengadakan pendidikan dan latihan tahfidzul qur’an metode tikror di gedung serba guna MAN 1 Kota Pekalongan, Sabtu (25/3/2023).-Wahyu Hidayat-

"Mushaf Al-Qur’an metode Tikror adalah bentuk sistematisasi dari cara menghafal Al-Qur'an paling tua dan yang banyak diamalkan oleh para huffadz (penghafal Al-Qur’an) dari dulu hingga sekarang," jelas Ust. Mudjib.

 

Ustaz Mudjib menerangkan bahwa ternyata hafalan metode tikror ini bukan metode baru. Metode ini termasuk yang diterapkan oleh Muhadditsin, Imam Bukhori. Beliau mengatakan: Saya tidak menemukan cara menghafal lebih efektif selain dengan cara terus-menerus melihat tulisan dan mengulang-ulang perkataan karena itulah sejatinya hafalan. 

 

Juga diamalkan di masjid al Haram Makkah dan masjid Nabawi Madinah. Seperti perkataan Syekh Abu Umar Al-Iraqy: “Para santri tahfidz di masjid Nabawi dan Haram Makkiy juga melakukan tikror sekurang-kurangnya sebanyak 40 kali pengulangan.”

 

Perlunya diadakan kegiatan ini menurut Ust. Abdul Mudjib adalah untuk menambah wawasan dan keilmuan tentang bagaimana cara menghafal Al-Qur’an yang tepat dan cepat. 

 

Sekaligus memotivasi para santri untuk lebih semangat dalam menghafal Al-Qur’an sehingga lulus dari MAN 1 Kota Pekalongan santri IBS sudah punya bekal hafalan yang cukup banyak. 

 

"Bisa dilanjutkan ketika kuliah dan bagi santri yang punya hafalan biasanya ada beasiswa perguruan tinggi dari jalur hafalan Al-Qur’an," imbuh Ust. Abdul Mudjib. (way)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: