Linggoasri Dinobatkan jadi Desa Sadar Kerukunan

Linggoasri Dinobatkan jadi Desa Sadar Kerukunan

DESA SADAR KERUKUNAN - Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, dinobatkan jadi desa sadar kerukunan.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Desa Linggoasri Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan terpilih menjadi Desa Sadar Kerukunan. Program Desa Sadar Kerukunan adalah hasil inisiasi dari Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid Pekalongan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan.

 

Acara soft launching Desa Sadar Kerukunan baru-baru ini dihadiri oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Pekalongan Totok Budi Mulyanto, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik Kabupaten Pekalongan Sri Lestari, Ketua FKUB Kabupaten Pekalongan M. Sholahuddin, Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, serta Forkopimcam Kajen.

 

Program Desa Sadar Kerukunan di Linggoasri terbentuk atas dasar penelitian yang dilakukan oleh dosen UIN KH Abdurrahman Wahid yang meneliti kerukunan masyarakat Desa Linggoasri Kecamatan Kajen.

 

Linggoasri dinilai pantas dinobatkan sebagai Desa Sadar Kerukunan karena di daerah tersebut terdapat empat agama yang berbeda. Yaitu 90% Islam, 10% Hindu, sisanya adalah Budha, dan Katolik. Di desa ini terdapat dua tempat ibadah yaitu masjid dan pura. Namun untuk sosial kemasyarakatan masih tetap rukun dan bergotong-royong.

 

Asisten 1 Setda Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Pekalongan Totok Budi Mulyanto, mengucapkan selamat kepada para pengurus Desa Sadar Kerukunan di Linggoasri yang sudah ditetapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah. Harapannya, pengurus tersebut dapat mempertahankan budaya yang sudah turun temurun, yaitu menjaga kerukunan antar masyatakat Desa Linggoasri.

 

"Kami ucapkan selamat kepada pengurus yang sudah dibacakan tadi dan ditandatangani oleh Kakanwil Jateng. Mudah-mudahan pemgurusnya nanti bisa menyamakan visi untuk mempertahankan budaya yang sudah turun temurun," tutur Totok, dalam sambutannya di Desa Linggoasri.

 

Sekretaris Desa Linggoasri Taswono mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Desa Linggoasri menjadi Desa Sadar Kerukunan yang kedepanya juga diprogramkan untuk menjadi Kampung Moderasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: