Sudah 469 PAUD dan 16 PKBM Terakreditasi

 Sudah 469 PAUD dan 16 PKBM Terakreditasi

SOSIALISASI - Plt Kepala Disdikbud Batang saat menghadiri Sosialisasi Akreditasi Tahap I BAN PAUD dan PN Provinsi Jateng, yang digelar di SKB Batang, Rabu (29/3/2023). -Novia Rochmawati-

*Tahun Ini Giliran 126 PAUD dan PKBM

 

BATANG - Tahun ini sebanyak 126 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Batang akan menjalani akreditasi. Plt Kepala Disdikbud Batang, Bambang Suryantoro menyebut jika akreditasi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang ada di Batang. 

 

"Kami mendukung kegiatan akreditasi yang akan dilakukan oleh BAN PAUD dan PNF yang ada di Jateng. Kami berharap akreditasi nantinya berjalan lancar dan bisa meningkatkan mutu lembaga pendidikan yang ada di Batang," ujar Bambang saat diwawancarai usai kegiatan Pembukaan Sosialisasi Akreditasi Tahap I BAN PAUD dan PNF, yang digelar di SKB Batang, Rabu (29/3/2023). 

 

Ia menjelaskan, tahun ini pelaksanaan akreditasi akan dilaksanakan melalui dua cara yaitu secara Compulsary (Sampel Acak) dan Voluntary (Satuan mendaftar secara mandiri), dengan target visitasi secara luring terhadap satuan PAUD dan PKBM di Kabupaten Batang. 

 

"Peserta Compulsary (Sampel Acak), data pesera telah di tetapkan oleh Direktorat PAUD dan Dinas sudah menyampaikan kepada Lembaga melalui Penilik dan Pengawas. Dan tahun Pada tahun ini, BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Tengah akan mengakreditasi 119 PAUD dan 7 PKBM," imbuhnya. 

 

Sebelumnya, pada tahun 2022 lalu sudah ada 130 lembaga PAUD dan 4 PKBM di Kabupaten Batang yang berhasil terakreditasi. Hingga saat ini total sudah ada 469 PAUD dan 16 PKBM terakreditasi. Dari total 588 lembaga PAUD dan 23 PKBM di Kabupaten Batang, sebanyak 119 lembaga PAUD dan 7 PKBM saat ini teridentifikasi belum terakreditasi atau akreditasinya sudah kadaluwarsa

 

"Maka mereka perlu kembali mengikuti akreditasi dengan cara pemutahiran data pada Dapodik. Oleh karenanya, kami berharap adanya dukungan ini dari banyak pihak khususnya, lembaga pendidikan yang akan diakreditasi. Sehingga nantinya akreditasi dapat berjalan Sukses," pungkasnya. (nov)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: