Klien Kasus Kekerasan Seksual Mendominasi

 Klien Kasus Kekerasan Seksual Mendominasi

Nur Agustina Ketua LP-PAR Kota Pekalongan-Wahyu Hidayat-

*Layanan Konsultasi Psikologi Gratis

 

KOTA - Ketua Lembaga Perlindungan Perempuan, Anak dan Remaja (LP-PAR) Kota Pekalongan Nur Agustina menyebutkan, sejak pembentukannya, layanan konsultasi psikologi gratis yang diampu Pusat Pendidikan Keluarga Berbasis Masyarakat (PPKBM) Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) sampai saat ini telah melayani 10 klien.

 

Dari 10 klien yang dilayani itu, didominasi oleh konsultasi kasus kekerasan seksual. "Penyintas kasus kekerasan seksual memang biasanya butuh pendampingan lebih intens tidak hanya sekali, melainkan butuh waktu yang lama," ungkap Nur Agustina, baru-baru ini.

 

Agustina menuturkan, Pemerintah Kota Pekalongan saat ini memiliki dua layanan konsultasi psikologi gratis untuk masyarakat, teridiri dari PPKBM Puspaga dan LP-PAR.

 

PPKBM Puspaga melayani berbagai konseling, mulai dari kelas persiapan pra nikah khususnya untuk remaja, kelas pendidikan orang tua terkait pengasuhan anak dan disharmonisasi keluarga. Sedangkan LP-PAR untuk penanganan kasusnya.

 

Disampaikan Agustin, di tahun 2023, layanan konsultasi psikolog diselenggarakan secara terbatas, karena kebetulan terdapat beberapa klien yang sudah antre untuk diberikan layanan.

 

Ada lima orang psikolog dari HIMPSI (Himpunan Psikolog Indonesia) yang terlibat memberikan layanan ini. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: