ASN Kendal Diminta Berzakat ke Baznas

ASN Kendal Diminta Berzakat ke Baznas

SALURKAN ZAKAT - Bupati Dico M Ganinduto beserta sejumlah pejabat Pemkab Kendal saat menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kendal, Selasa (11/4/2023), di Rumdin Bupati Kendal. -saefudin-

*Tiga Bulan Baznas Sudah Himpun Rp 2,2 Miliar

 

RADARPEKALONGAN.ID - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, meminta para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kendal untuk berzakat ke Baznas Kendal. Pasalnya, selain kinerjanya diawasi dan diaudit pemerintah, realisasi dana zakat dari Baznas juga bisa dikolaborasikan dengan program pemerintah daerah, termasuk dalam penanganan bencana.

 

Pesan itu disampaikan Bupati Dico saat menyerahkan dana zakatnya ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kendal, Selasa (11/4/2023), di Rumah Dinas Bupati Kendal, di Kelurahan Jetis, Kecamatan Kendal. Tidak hanya Bupati, penyerahan dana zakat ini juga dilakukan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, para pejabat Pemkab Kendal hingga Forkopimda.

 

Gerakan ASN berzakat ke Baznas ini penting, mengingat potensi dana zakat yang bisa dihimpun dan didayagunakan dari zakat ASN cukup besar. Hal itu juga diamini Syamsul Huda, Ketua Baznas Kendal, kemarin. Sesuai data laporannya, bahkan dalam tempo 3 bulan saja, yakni Januari sampai Maret 2023, Baznas Kendal sudah menghimpun dana zakat sebesar total Rp 2.266.320.000. 

 

Adapun untuk pengumpulan dari pos infak nilainya baru Rp 026.125 untuk perioode yang sama. Menurut Syamsul Huda, dana yang sudah terhimpun tersebut disalurkan kepada para mustahik atau mereka yang berhak, antara lain melalui pemberdayaan  program ekonomi produktif, kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, serta program dakwah dan informasi. "Selama tiga bulan ini, Januari sampai Maret, total dana yang sudah disalurkan Baznas sebesar Rp 1.428.842.293," terangnya.

 

 

Atas kepercayaan masyarakat untuk berzakat ke Baznas, Syamsul Huda pun menyampaikan terima kasih dan apresiasinya. Dia berharap dana zakat tersebut nantinya benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh umat yang membutuhkan. "Kami juga berkomitmen untuk terus menjaga amanah kepercayaan umat ini dengan kinerja pengelolaan zakat yang kian profesional, transparan, dan akuntabel," tandas Syamsul.

 

Kinerja Baznas Kendal juga menuai apresiasi Bupati Dico M Ganinduto. Terlebih Baznas juga rutin menggelar kegiatan tahunan untuk menghimpun zakat. Bupati menyebut kegiatan ini amat baik, utamanya dalam menggelorakan semangat berzakat bagi seluruh jajaran ASN Pemkab Kendal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: