2.632 Pemudik Masuk Pekalongan

2.632 Pemudik Masuk Pekalongan

CEK KENDARAAN - Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria didampingi Sekda M Yulian Akbar dan unsur Forkompinda melakukan pengecekan kendaraan operasional usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023 di lapangan Setda Kabupaten Pekalongan, kemari-Hadi Waluyo-

**Puncak Arus Mudik Diperkirakan H-2

 

KAJEN - Arus mudik Lebaran 2023 sudah mulai tampak di Kabupaten Pekalongan. Hingga Senin (17/3/2023), sudah ada 2.632 pemudik yang pulang kampung di Kabupaten Pekalongan. Untuk puncak arus mudik sendiri diperkirakan akan terjadi pada H-2 Lebaran nanti.

 

Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023 di lapangan Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (17/4/2023), mengatakan, diperkirakan tahun 2023 ini ada kenaikan pemudik dibandingkan tahun 2022.

 

Menurut AKBP Arief, tahun 2022 total pemudik yang ada di Kabupaten Pekalongan sekitar 800 ribu pemudik. Jika dilihat berdasarkan data tahun 2022, fluktuasi pemudik per harinya sekitar 8 ribu hingga 15 ribu pemudik.

 

"Tahun ini pemudik diprediksi naik 45 persen. Jadi diprediksi per hari ada 10 ribu hingga 15 ribu pemudik ke Pekalongan," ujarnya.

 

Menurutnya, apabila terjadi kepadatan kendaraan pihaknya sudah menyiapkan pola pengaturan arus lalu lintas baik di wilayah tol, Pantura, ataupun jalur alternatif. Polres Pekalongan sudah menyiapkan 6 posko pengamanan mudik, di antaranya di pos exit Bojong, di Tugu Nol Kajen, kawasan Gemek Kedungwuni, di depan IBC Wiradesa, di rest area KM 338, dan pos Pait Siwalan.

 

Selanjutnya, menjelang Idul Fitri pihaknya meminta kepada Babinkamtibmas untuk mewaspadai kejahatan yang mengincar rumah kosong karena ditinggal mudik oleh penghuninya. "Babinkamtibmas untuk selalu aktif ke kepala desa untuk antisipasi rumah kosong. Antisipasi bersama babinsa untuk menjaga wilayah binaannya," ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: