Jaga Jarak masih jadi Problem New Normal

Jaga Jarak masih jadi Problem New Normal

*Kelurahan Kedungwuni Barat Terus Edukasi Masyarakat

KEDUNGWUNI - Untuk memastikan anjuran pemerintah Pekalongan berkaitan penerapan protokol kesehatan di era new normal di kawasan Gemek Plaza Kedungwuni berjalan tertib dan menghasilkan kepatuhan penuh masyarakat. Camat kedungwuni bersama Kelurahan Kedungwuni Barat menggelar kegiatan sosialisasi, pembagian masker hingga cek suhu tubuh bagi para pedagang, pengunjung, dan jugamasyarakat yang beraktivitas di Gemek Plaza kedungwuni, Jumat (26/6/2020).

Hal tersebut diungkapkan Sokheh, Lurah Kegungwuni Barat, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan ketika ditemui saat sosialisasi berlangsung. "Kegiatan ini sosialisasi, berbagi masker dan cek suhu. Kita sediakan sekitar 1.000 masker, untuk diserahkan kepada masing-masing yang kebetulan belum memakai masker, adapun yang belum kita edukasi untuk manakala berada di kawasan kuliner Gemek ini untuk senantiasa wajib pakai masker," ungkapnya.

Dijelaskan Sokheh, kegiatan tersebut perlu secara terus menerus disosialisasikan sekaligus sebagai edukasi kepada masyarakat untuk konsisten memerhatikan dan patuh pada protokol kesehatan khususnya di keramaian.

"Untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan, yaitu selalu pakai masker, selalu cuci tangan pake sabun dan menjaga jarak. Namun hal penting di sini adalah penekanan pada selalu cuci tangan dan pakai masker dan itu sifatnya wajib," jelasnya.

Kendati demikian, Sokheh memaklumi jika jaga jarak atau physical distancing adalah salah satu protokol kesahatan yang paling sulit untuk ditertibkan selama new normal khususnya di kawasan kuliner Gemek atau kawasan lain yang menjadi tempat berkumpulnya warga.

"Tapi terkait dengan jaga jarak kita mungkin agak kerepotan karena Gemek sebagai sentral daripada berkumpulnya masyarakat untuk menjaga jarak 1 sampai 2 meter masih sulit. Paling tidak yang kita upayakan itu tadi wajib pake masker manakala beraktivitas di kawasan kuliner ini," paparnya.

Untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan lancar dan mengundang animo warga, maka pihak Kelurahan Kedungwuni Barat juga melibatkan berbagai kalangan seperti dari unsur Muspika dalam hal ini Camat Kedungwuni, Kapolsek, Koramil kemudian dari unsur Babinsa dan Babinkamtibmas serta pengelola kawasan Gemek dan paguyuban pedagang kawasan Gemek.

Kegiatan ini rencananya akan digelar berkelanjutan untuk memastikan semua pihak yang beraktivitas di kawasan Gemek bisa bekerjasama dengan baik dan konsisten patuh pada protokol kesehatan.

"Ya paling tidak dalam minggu ini akan terus kita upayakan untuk sosialisasikan dan alhamdulillah dari pengukuran suhu tadi rata- rata masih suhu normal, " jelasnya.

Ia berharap, selama new normal masyarakat Pekalongan secara umum dan warga yang beraktivitas di kawasan Kuliner Gemek secara khusus senantiasa sehat dan aman dari Covid-19 sampai pendemi ini berakhir.

"Harapannya secara umum, masyarakat Pekalongan secara umum tidak ada permasalahan artinya baik-baik saja. Dan terkhusus di kawasan kuliner Gemek aman-aman saja," tutupnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: