Volume Sampah Meningkat Saat Idul Fitri, DLH Terjunkan 100 Petugas Kebersihan

Volume Sampah Meningkat Saat Idul Fitri, DLH Terjunkan 100 Petugas Kebersihan

Petugas kebersihan mengangkut sampah dari TPS yang adadi Pasar Batang.-istimewa-

BATANG - Volume sampah di Kabupaten Batang pada momen Idul Fitri, mengalami peningkatan hingga mencapai 40 persen.

Untuk menangani peningkatan tersebut, Dadan Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang menerjunkan sebanyak 100 tenaga kebersihan dan juga 13 armada dump truk.

"Para petugas kebersihan dan dump truk tersebut mengambil sampah dari TPS (Tempat Pembuangan Sementara) untuk selanjutnya diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Randu Kuning," ujar Kepala DLH Batang, Handy Hakim didampingi Kepala UPT Persampahan, Nur Handayani, pada awak media, kemarin.

Handy Hakim menjelaskan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setiap momen Idul Fitri volumen sampah yang dibuang masyarakat mengalami kenaikan sekitar 40 persen.

Karena itulah, diperlukan penanganan ekstra agar tidak terjadi penumpukan di TPS-TPS yang biasanya menjadi pembuangan awal dari masyarakat ataupun petugas kebersihan di lingkungan.

"Para petugas biasanya bekerja ekstra sejak H-1 lebaran, karena volumen sampah sudah mengalami peningkatan. Selanjutnya mulai H+1, sampah kembali akan meningkat akibat aktivitas warga yang meningkat. Sehingga jika tidak ditangani dengan cepat, bisa menyebabkan penumpukan di TPS," jelas Handy Hakim.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk petugas kebersihan sendiri difokuskan untuk sampah di wilayah Kota Batang dan juga Kecamatan Bandar. Mengingat kedua wilayah tersebut menjadi pusat keramaian dan juga penduduknya cukup padat.

"Kami juga mengajak pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan memasukannya ke kontainer yang sudah disiapkan, agar tidak berserakan. Kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan," tandas Handy Hakim. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: