Sebelum Jatuh ke Sungai di Guci, Bus Pariwisata Diduga Melaju Tanpa Sopir

Sebelum Jatuh ke Sungai di Guci, Bus Pariwisata Diduga Melaju Tanpa Sopir

Warga bahu membahu membantu mengevakuasi korban dari bus yang jatuh ke sungai di kawasan objek wisata Guci Kabupaten Batang.-istimewa -Screenshot

*Sopir Turun Setelah Menyalakan Mesin Bus

TEGAL - Bus pariwisata yang jatuh ke sungai di sekitar kawasan objek wisata Guci, Kabupaten Tegal, diduga sempat melaju tanpa sopir dan juga kawalan dari kernet.

Berdasarkan informasi yang beredar, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 08.00 Wib itu bermula saat kendaraan bus dalam keadaan terparkir atau berhenti.

Baca juga : Beredar Video Detik-detik Kecelakaan di Guci, Bus Sempat Terbalik saat Jatuh ke Sungai

Sopir kemudian memanasi bus dengan menyalakan mesin, dan kemudian bersama kenek turun menuju warung kopi.

Bus pada saat itu dibiarkan mesinnya menyala dengan posisi hand rem atau rem tangan terpasang (ditarik) sambil menunggu penumpang naik, maupun sekedar memasukan barang ke ke bagasi.

Namun diduga pada saat itu ada penumpang yang melepas atau menurunkan hand rem, padahal kondisi lokasi parkir berada di jalan yang menurun.

Akibatnya buspun melaju tanpa kendali, hingga akhirnya belok ke kiri atau mengarah ke sungai. Padahal pada saat itu ada penumpang yang sudah berada di dalam bus.

Sebelum jatuh ke sungai, pada video yang beredar nampak ada beberapa orang yang berusaha mengejar laju bus, namun terlambat.

Bus pariwisata yang mengangkut rombongan ziarah dari Tangerang itupun jatuh ke sungai, dan sempat berguling.

Usai kejadian, warga sekitar berusaha mengevakuasi penumpang yang ada di dalam bus. Nampak beberapa korban diantarnya anak-anak mengalami luka pada beberapa bagian tubuhnya.

Korban luka sendiri selanjutnya oleh warga bersama petugas dari Polres Tegal dan Instansi terkait, korban dibawa ke Puskesmas terdekat.

“Hingga saat ini Polres Tegal masih menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan Bus masuk sungai," ujar Kapolres Tegal AKBP Mohammad Sajarod Zakun.

Sebelumnya diberitakan, detik-detik kecelakaan jatuhnya bus pariwisata ke sungai di objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, terekam kamera ponsel milik warga yang berada  disekitar lokasi kejadian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: