PKS Jadi yang Pertama Daftarkan Bacaleg ke KPU

PKS Jadi yang Pertama Daftarkan Bacaleg ke KPU

TERIMA - Ketua KPU Kota Pekalongan didampingi Komisioner KPU dan disaksikan Bawaslu, secara simbolis menerima berkas pendaftaran dari pengurus DPD PKS Kota Pekalongan.-Ainul Atho-

KOTA - DPD PKS Kota Pekalongan menjadi partai pertama yang mendaftarkan calon legislatif ke KPU Kota Pekalongan, Senin (8/5/2023). Pengurus bersama simpatisan DPD PKS terpantau hadir ke Kantor KPU Kota Pekalongan di Jalan Sriwijaya sekitar pukul 15.45 WIB. Rombongan diterima langsung oleh Komisioner KPU Kota Pekalongan. Sejak pendaftaran dibuka pada 1 Mei 2023, tercatat baru PKS yang mendaftarkan calegnya ke KPU Kota Pekalongan.

 

"Hari ini tanggal 8 Mei 2023, sekitar pukul 15.45 kami menerima rombongan pengurus dan seluruh tim dari PKS Kota Pekalongan. PKS menjadi partai yang pertama mendaftar dari 18 parpol yang ada di Kota Pekalongan," ungkap Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Thoha.

 

KPU dikatakan Rahmi akan langsung memeriksa seluruh kelengkapan syarat yang disertakan PKS dan akan langsung mengumumkan status pendaftaran apakah diterima atau disampaikan kembali ke Parpol.

 

"Selain PKS, yang sudah berkirim surat resmi ke kami ada PPP. Rencananya PPP Kota Pekalongan akan datang ke KPU pada 12 Mei, hari Jumat pada pukul 13.30. Selain itu belum ada. Memang sudah ada beberapa tapi belum menyampaikan surat secara resmi sehingga belum dapat kami sampaikan," jelas Rahmi.

 

Sementara Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Kota Pekalongan, Aji Suryo mengatakan, sesuai dengan instruksi DPP PKS hari ini pihaknya juga melakukan pendaftaran bacaleg ke KPU Kota Pekalongan. "Alhamdulillah hari ini kami mendaftarkan dan kami konfirmasi ke KPU, PKS menjadi partai pertama yang mendaftar di Kota Pekalongan," tuturnya.

 

Aji menjelaskan, PKS memenuhi 100 persen jumlah bacaleg di empat dapil dengan jumlah 35 orang. Selain itu, untuk keterwakilan perempuan juga dipastikan memenuhi ketentuan minimal 30 persen di setiap dapil. "Bahkan ada beberapa dapil yang keterwakilan perempuannya mencapai 50 persen," tambahnya.

 

Kehadiran PKS sebagai parpol pertama yang mendaftarkan bacaleg ke KPU, dikatakan Aji merupakan bentuk keseriusan PKS dalam menghaapi Pemilu tahun 2024. Juga sebagai bentuk kontribusi PKS untuk masyarakat dan negara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: