Gelar Festival, Gringsing Siap jadi Sentra Semangka di Batang

Gelar Festival, Gringsing Siap jadi Sentra Semangka di Batang

HADIRI - Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki saat menghadiri Festival Semangka di Pantai Jodo Gringsing Minggu (14/5/2023). -Novia Rochmawati-

 

BATANG - Kecamatan Gringsing serius dalam mengembangkan potensi menjadi sentra semangka di Batang. Hal ini salah satunya ditunjukkan melalui Festival Lomba Semangka dan Gebyar Petani yang dilakukan di Pantai Jodo Gringsing, Minggu (14/5/2023). 

 

PJ Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki menyebut tiga desa di Gringsing, seperti Sidorejo, Krengseng, dan Yosorejo ini potensial dalam mengembangkan tanaman semangka. Kendati belum sesuai yang diharapkan dikarenakan cuaca, namun hasilnya masih cukup baik. 

 

"Karena ada curah hujan dan banjir hasil panen kurang maksimal. Meski begitu termasuk bagus. Karena ada bantuan pengamanan hama yang maksimal dibantu dari pihak DGW. Harapan kami bisa bermanfaat bagi petani, dan nantinya berpeluang untuk dijadikan sentra semangka di Kabupaten Batang," ujar Lani. 

 

Dikatakannya, untuk tahun ini maksimal per hektar bisa mencapai 25 ton hingga 32 ton buah semangka. Dengan waktu tanam yang lumayan singkat yakni antara 2-3 bulan. 

 

"Tadi sudah sempat mencicipi buahnya memang enak, segar karena airnya banyak, manis, dan masir. Kalau dibuat jus sudah tidak perlu tambah air langsung diblender sudah enak," ujar dia.

 

Festival ini diharapkan dapat terus berkembang, untuk membantu peningkatan perekonomian warga sekitar. 

 

Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Kecamatan Gringsing, M Ariesna P menjelaskan, Festival ini digelar dalam rangka syukuran atas hasil panen buah semangka pada tahun ini. Dalam festival ini, dimeriahkan dengan lomba kontes buah semangka. Dimana dipilih Semangka yang paling berat. Baik dari jenis semangka merah, kuning, maupun keduanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: