Dindik Gelar Uji Kesetaran Paket C

Dindik Gelar Uji Kesetaran Paket C

KERJAKAN SOAL - Para siswa uji kesetaraan terlihat serius mengerjakan soal-Malekha-

*Upayakan Kesetaraan Lulusan Pendidikan Non Formal

 

KOTA - Dalam rangka menyetarakan  lulusan pendidikan non formal, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pendidikan (Dindik) menyelenggarakan Uji Kesetaraan Paket C dan diikuti oleh 267 peserta dari 10 Pusat kegiatan belajar Masyarakat (PKBM) pada 13-14 Mei 2023 di masing-masing PKBM yang telah memenuhi persyaratan.

 

Peserta didik yang lulus pendidikan kesetaraan memiliki hak sama untuk pemegang ijazah sekolah formal serta mendaftar pada satuan pendidikan selanjutnya. mereka juga mempunyai hak yang sama  dengan pendidikan formal untuk memasuki lapangan kerja.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim melalui kabid PAUD dan PNF setempat, Sherly Imanda Hidayah menyampaikan bahwa tujuan Uji Kesetaraan ini adalah untuk menunjukkan secara kompetensi terukur sama dengan pendidikan formal lainnya. Sherly menuturkan bahwa  peserta yang dinyatakan lulus dari uji kesetaraan akan mendapatkan sertifikat atau Surat Keterangan Hasil Uji Kesetaraan (SKHUK).

 

Untuk lokasi pelaksanaan Uji Kesetaraan Paket C yaitu  digelar pada masing-masing PKBM yang sudah terakreditasi serta memenuhi persyaratan , misalnya sarana prasarana yang mencukupi. Salah satu indikatornya  adalah memiliki komputer/laptop dan jaringan internet, karena pada Uji kesetaraan menggunakan komputer/laptop seperti ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer).

 

 "Bagi PKBM yang belum memenuhi dimungkinkan menggunakan tempat lain untuk dapat memenuhi persyaratan tersebut, seperti PKBM jetayu yang menggunakan sarana prasarana dari SKB kota Pekalongan," katanya, Senin (15/5/2023).

 

Ia menjelaskan bahwa uji kesetaraan ini dilakukanserentak seluruh Indonesia dan baru pertama kali dilaksanakan mengacu pada peraturan yang ada, adapun materi yang diujikan adalah materi literasi dan numerasi, “Saat pelaksanaan bersama dengan kepala Dindik kami monitoring pelaksanaan terbuat, Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: