Optimalkan Pendapatan Pajak, Ini Pesan Khusus Bupati Dico

Optimalkan Pendapatan Pajak, Ini Pesan Khusus Bupati Dico

APRESIASI - Bupati Dico M Ganinduto menyerahkan apresiasi kepada lima kecamatan berprestasi dalam penyerapan PBB-P2.-saefudin-

*Bapenda Luncurkan Program Laku Pandai BUMDes

KENDAL - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto meminta semua jajaran terkait Pemkab Kendal untuk bekerja keras, kreatif dan inovatif dalam mengoptimalkan perolehan pajak daerah, termasuk Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2). Selain itu, para perangkat daerah terkait juga harus menjunjung tinggi integritas dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam hal pajak.

Pesan ini disampaikan Bupati saat menghadiri launching program Laku Pandai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Selasa (16/5/2023). Secara khusus, dalam upaya meningkatan pendapatan sektor pajak, Bupati Dico menyampaikan enam pesan.

Pertama, Bupati seluruh jajaran pajak daerah diminta bekerja lebih keras menggali potensi pajak di Kabupaten Kendal. Kedua, OPD terkait, Camat, kepala desa hingga lurah perlu lebih intensif memberikan sosialisasi dan edukasi. 

"Ketiga, jangan lupakan untuk menghadirkan kreativitas dan inovasi. Ya seperti program Laku Pandai BUMDes milik Bapenda, ini akan mempermudah warga desa bayar pajak," ujar Bupati.

Berikutnya, melalui inovasi harapannya bisa membantu masyarakat lebih mengenal inovasi berbasis teknologi informasi. Kelima, seluruh pihak yang terkait dengan pajak untuk menghindari praktik penyalahgunaan PBB-P2 guna menjaga kepercayaan.

“Terakhir, Kepada ASN, para Kepala Desa dan Lurah agar menjadi panutan bagi masyarakat dalam ketaatan membayar pajak dangan pembayaran tepat waktu,” pesan Bupati Dico. 

Bupati juga memberikan apresiasi  atas intensifikasi Pajak Daerah khususnya dalam penyampaian dan pemungutan PBB – P2 di Kabupaten Kendal. Dalam kesempatan ini, diserahkan pula apresiasi berupa hadiah kepada 5 kecamatan berprestasi dalam pajak.

Kecamatan Kangkung dan Kecamatan Plantungan mendapat predikat Kecamatan Lunas, Kecamatan Ngampel Wetan sebgai Desa Lunas Tercepat, Limbangan sebagai Persentase Pertumbuhan Desa Lunas Terbanyak dan Plantungan persentase pertumbuhan PBB – P2 terbesar tahun 2022.

Sementara dari data Bapenda Kendal selain penyerahan apresiasi turut melakukan penyerahan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) PBB –P2 kepada 5 desa secara simbolis dari 124 desa yang telah Lunas.

“Adanya Laku Pandai yang baru saja dilaunching semoga dapat membantu dan  mempermudah masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak terutama yang memiliki jangkauan jauh dari bank,” kata Bupati.

Sementara dijelaskan Kepala Bapenda Kendal, Abdul Wahab, bahwa program Laku Pandai yang bisa digunakan oleh BUMDes, merupakan sarana pembayaran pajak yang dapat diakses tanpa kantor.

“Saat ini terdapat 143 BUMDes dan akan kita jadikan Pilot Project setidaknya tujuh BUMDes yang kami nilai sudah mampu. Kedepan tentunya akan diterapkan diselurh BUMDes dan ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapat pelayanan pembayaran pajak termasuk PBB,” ujar Abdul Wahab. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: