Penanganan Banjir Rob Pesisir Jadi Skala Prioritas

Penanganan Banjir Rob Pesisir Jadi Skala Prioritas

CEK LOKASI - Kepala BBWS Pamali Juana, Dr Harya Muldianto ST, MT melakukan survei ke lokasi banjir rob wilayah Kecamatan Tirto, untuk penanganan banjir rob. -Triyono-

KAJEN - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, melakukan tinjauan ke lokasi banjir rob di pesisir Kabupaten Pekalongan, Selasa (16/05/2023). Penanganan banjir rob menjadi skala prioritas karena kondisi sudah cukup memprihatinkan. 

Kepala BBWS Pamali Juana, Dr Harya Muldianto ST, MT melakukan survei ke lokasi banjir rob wilayah Kecamatan Tirto, tepatnya lokasi yang akan dibangun rumah pompa. Kemudian juga untuk penanganan Sungai Bremi- Meduri. Survei juga diikuti oleh Kepala Satker BBWS Pamali Juana, PPK Subpan II bersama dengan Tim. 

 Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pekalongan, Budi Antoyo menyampaikan, keputusan dari hasil survei oleh kepala BBWS Pamali Juana bersama tim penanganan, dikatakan bahwa banjir rob jadi skala prioritas. 

"Hasilnya Sungai Bremi - Meduri diperjuangkan oleh BBWS Pamali Juana untuk dilaksanakan secepatnya. Karena memang setelah peninjauan oleh Kepala Balai BBWS yang baru itu memang wajib dilaksanakan penanganan rob banjir, " katanya. 

Sementara untuk penanganan banjir rob, akan dilakukan penutupan muara Sungai Bremi - Meduri. Kemudian dilakukan peninggian serta penguatan tanggul Sungai Bremi -Meduri. "Terus pembangunan rumah pompa skala besar sehingga air bisa cepat ditangani," lanjutnya. 

Hasil survei, kemudian oleh BBWS Pamali Juana akan segera dilaksanakan untuk disampaikan ke Menteri PUPR bahwa kondisi saat ini memang sudah kritis. Namun penanganan berjalan dengan kriteria ada beberapa yang harus dipenuhi, seperti DED (Detail Engineering Design) dan Pembebasan lahan. 

"Dari beberapa kriteria sudah terpenuhi di antaranya DED sudah singkron, pembebasan lahan untuk penanganan sudah siap. Jadi kedua kriteria itu InsyaAllah bulan Mei 2023 ini sudah selesai, sehingga akan mempercepat pembangunannya, " imbuhnya. (Yon) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: