Wah, Harga Cabe Cabean Terjun Bebas

Wah, Harga Cabe Cabean Terjun Bebas

TURUN - Harga cabe cabean belakangan ini terjun bebas hingga Rp 19 ribu perkilogram. -Triyono-

*) Stok Kebutuhan Melimpah 

 

KAJEN - Harga kebutuhan rumah tangga, khususnya untuk komoditi cabai mengalami penuruna drastis. Bahkan di sejumlah pasar di Kabupaten Pekalongan, harga cabai terjun bebas hingga Rp19 ribu per kilogram pasca lebaran. 

 

Berdasarkan daftar harga yang dirilis oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Pekalongan pekan ini, harga jenis cabai rawit hijau Rp19 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah besar masih bertahan di Rp32 ribu per kilogram. 

 

Kemudian harga harga cabai merah besar keriting Rp30 ribu per kilogram dan harga cabai rawit merah Rp35 ribu per kilogram. Sedangkan harga kebutuhan lainnya masih stabil dan stok di pasaran melimpah. 

 

Kabid Pengembangan Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pekalongan, Dewi Fabanyo mengatakan, pasca lebaran harga kebutuhan rumah tangga di Kabupaten Pekalongan cenderung menurun. "Untuk harga cabai-cabaian memang turun drastis," katanya. 

 

Penyebab turunnya harga cabai belum diketahui secara pasti karena stok dan pengiriman melimpah. Sedangkan untuk harga kebutunan lainnya masih stabil, seperti telor masih di angka Rp28-29 ribu per kilogram. Kemudian harga bawang merah Rp 43 ribu dan harga bawang putih cating Rp 33 ribu per kilogram. "Stok aman dan cukup melimpah," lanjutnya. 

 

Diakui, ketika stok banyak maka hukum ekonomipun pastinya berlaku. Sehingga menurunya permintaan akan mempengaruhi harga jual barang. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: