Ikuti Lomba, Taman Ini Ditata dengan Tema Lalu Lintas

Ikuti Lomba, Taman Ini Ditata dengan Tema Lalu Lintas

TAMAN LANTAS - Taman Binagriya yang berada di RW 01 Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat telah disulap menjadi Taman Lalu Lintas dan menjadi bagian dari Kampung Tertib Lalu Lintas.

KOTA - Taman Binagriya yang terletak di RW 01 Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan saat ini telah 'disulap' menjadi sebuah Taman Lalu Lintas. Taman ini menjadi bagian dari Kelurahan Pringrejo yang dijadikan sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas.

Dinamakan Taman Lalu Lintas, lantaran taman tersebut telah ditata sedemikian yang menggambarkan miniatur Kampung Tertib Lalu Lintas. Di lingkungan taman ini dipasang berbagai atribut, imbauan tertib lalu lintas, dan rambu-rambu lalu lintas. Bahkan gazebo kayu jati lengkap dengan buku bacaan macam perpustakaan turut menonjolkan ikonik taman sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas. Oleh masyarakat Kota Pekalongan sendiri, taman ini akan dijadikan untuk edukasi tertib berlalu lintas.

Camat Pekalongan Barat, M Natsir, menjelaskan bahwa kehadiran Kampung Lalu Lintas ini didukung oleh berbagai stakeholder terkait, seperti Polres Pekalongan Kota, Dinas Perhubungan, DPUPR Kota Pekalongan, dan masyarakat setempat. Kampung Tertib Lalu Lintas dan Taman Lalu Lintas di Pringrejo ini juga diikutkan dalam Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas yang diadakan oleh Polda Jawa Tengah.

"Masyarakat Kelurahan Pringrejo RW 01 ini telah memberikan contoh yang bagus bahwa taman mereka diberi nama taman lalu lintas. Tentunya yang paling utama adalah warga setempat yang selalu guyub rukun melaksanakan kerja bakti dan menata taman. Meskipun tidak semegah di Kota Bandung, setidaknya ini menjadi embrio yang nantinya kami harapkan menjadi media untuk edukasi bagi masyarakat," ungkapnya, kemarin.

Natsir menambahkan bahwa dengan dimunculkannya Taman Binagriya menjadi Kampung Tertib Lalu Lintas mewakili Kota Pekalongan ini harapannya bisa menjadi contoh untuk daerah lain. "Yang paling utama adalah mengajarkan dan mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas," imbuhnya.

Sementara itu Lurah Pringrejo, Mohamad Abidin menjelaskan bahwa warganyalah yang menginisiasi Kampung Tertib Lalu Lintas kemudian menggandeng stakeholder terkait untuk mengoptimalkan kampung ini.

"Dengan adanya Kampung Tertib Lalu Lintas yang mengedukasi masyarakat Kota Pekalongan ini harapannya dapat menurunkan angka kecelakaan. Kampung ini ikut dalam lomba yang digelar Polda Jateng, menjadi juara bukanlah hal utama tetapi menjadikan masyarakat lebih guyub rukun dan tertib berlalu lintas adalah yang utama," jelas Abidin.

Kasi Audit Polantas Polda Jateng, Kompol Harry, saat meninjau lokasi, Jumat (13/9), mengungkapkan bahwa lomba Kampung Lalu Lintas digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-64 Polisi Lalu Lintas tahun 2019.

"Kami dari Direktorat Lalu Lintas Jawa Tengah mengadakan penilaian kampung tertib lalu lintas maupun taman lalu lintas yang ada di masing-masing kota/kabupaten untuk mengajak masyarakat tertib berlalu lintas," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa Kampung Tertib Lalu Lintas menjadi percontohan atau pilot project agar masyarakatnya tertib berlalu lintas guna menekan angka kecelakaan ataupun permasalahan perlalulintasan. "Dengan adanya ini ada miniatur di jalan, imbauan, dan perambuan kita bisa ajarkan tertib lalu lintas sejak dini," imbuh Kompol Harry. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: