40 Pelaku UMKM Berlatih Perluasan Pemasaran Melalui E-commerce

40 Pelaku UMKM Berlatih Perluasan Pemasaran Melalui E-commerce

WORKSHOP - Workshop perluasan pemasaran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui E-commerce di ruang Jlamprang, Kantor Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, Rabu (24/5/2023).-Dwi Fusti Hana Pertiwi-

PEKALONGAN - Sebanyak 40 pelaku usaha di Kota Pekalongan mengikuti pelatihan workshop perluasan pemasaran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui E-commerce.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan pemerintah Kota Pekalongan dalam hal ini Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan berlangsung di ruang Jlamprang, Kantor Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, Rabu (24/5/2023).

Turut hadir dalam acara Anggota dewan Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah diwakilkan Plt.Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pekalongan, serta peserta yang tergabung dalam UMKM Kota Pekalongan.

Dalam sambutan pembukaannya Plt.Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, M. Santoso mengatakan ini merupakan kali kedua Disperindag Prov Jateng mengadakan kegiatan di Kota Pekalongan. Setelah sebelumnya terkait dengan SNI Pasar kali ini terkait dengan perdagangan e-commerce.

"Mengingat persaingan antar UMKM yang ketat baik antar lokal, provinsi bahkan negara. Sudah saatnya kita memasuki era digital, sehingga sebagai tugas kami untuk melakukan  sosialisasi, kemudian mendampingan hingga nantinya belajar bersama sehingga nanti bisa melakukan terkait dagang online," kata Santoso.

Menurutnya, melihat perdagangan melalui E-commerce saat ini berkembang pesat sehingga diharapkan para UMKM pun mampu bersaing secara digital.

Sementara Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Budiyanto, menjelaskan untuk materi yang disampaikan selama workshop perluasan pemasaran melalui e-commerce terdapat empat narasumber.

"Ada dari Komisi B DPRD Prov Jateng, dari Kemendag mengenai digitalisasi, kemudian dari aplikasi UMKM Bangkit dan keempat dari Tokopedia. Dan materi yang disampaikan semua mengarah pada pemasaran e-commerce," kata Budiyanto.

Menurutnya, sejauh ini pemerintah Kota Pekalongan Dindagkop-UKM sudah banyak melakukan kegiatan serupa berkenaan digitalisasi.

"Berharap kedepan UMKM kita naik kelas. Sehingga omset bertambah, dan bisa ekspor ke mancanegara," harapnya.

Disamping itu salah satu narasumber dari Analis Perdagangan Ahli Madya pada Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kemendag, Ronny Salomo, mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan inisiasi yang baik. Melihat pangsa pasar online masih sangat pesat, ada sepertiga dari UMKM yang masuk di online.

"Kita berharap online yang besar ini jangan sampai dikuasai oleh asing. Kita ketahui bersama online tidak memiliki batas negara, kalau kita tidak mempersiapkan UMKM kita memasuki online maka kita akan tertinggal," kata Ronny.

Mengingat hal tersebut, pemerintah pusat dalam hal ini kementerian perdagangan mendukung program seperti ini. Dan siap berkolaborasi berkelanjutan dengan pemerintah provinsi untuk dapat memajukan perekonomian di Jawa Tengah melalui online. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: