Dubes AS Komitmen Permudah Proses Transfer Pelajar Indonesia ke Amerika Serikat

Dubes AS Komitmen Permudah Proses Transfer Pelajar Indonesia ke Amerika Serikat

TANGKAPAN LAYAR - Konferensi pers virtual yang digelar Duta Besar AS untuk Indonesia bersama sejumlah media regional.-Ainul Atho-

KOTA - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y Kim menyatakan, pemerintah AS berkomtimen untuk mempererat kemitraan dengan Indonesia. Salah satunya dengan mempermudah transfer pelajar Indonesia ke Amerika Serikat dengan mempermudah permohonan via.

Hal itu disampaikan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim dalam konferensi pers virtual yang dilaksanakan oleh Kedutaan Besar Amerika Serkita bersama media regional, Senin (5/6/2023).

“Salah satu cara yang bermakna dan produktif untuk mendukung kemitraan bilateral kita adalah membangun hubungan jangka panjang melalui pertukaran pendidikan internasional,” kata Sung Y Kim.

Sejauh ini, dikatakan Sung, Amerika Serikat telah mendanai lebih dari 10.000 pelajar Indonesia untuk menimba ilmu di negeri Paman Sam.

“Ini mengapa kedutaan besar Amerika Serikat telah mendanai lebih dari 10.000 warga Indonesia agar mereka dapat berpartisipasi dalam program pertukaran dan studi di Amerika Serikat,” jelasnya.

Selanjutnya, dia menyatakan bahwa Kedutaan Besar Amerika Serikat mempermudah peluang pelajar Indonesia yang hendak melakukan studi ke Negara Paman Sam tersebut.

“Kami berkomitmen untuk memperluas jalur-jalur agar pelajar Indonesia dapat mengenyam pendidikan tinggi di Amerika Serikat, kami mendorong setiap pelajar Indonesia untuk mengambil peluang untuk belajar di Amerika Serikat, kami menyediakan sumber daya melalui education USAID untuk membantu pelajar Indonesia untuk sekolah di sana,” katanya.

“Dan kami bisa memberikan dukungan langsung untuk para calon mahasiswa dari Indonesia melalui jasa konsultasi kami yang gratis di pusat Education USA di enam kota yakni Aceh, Makassar, Jakarta, Surabaya, dan Malang, dan kami juga memberikan konsultasi secara virtual untuk para pelajar di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, melalui konsultasi tersebut, calon pelajar Indonesia dapat memperoleh informasi mengenai peluang-peluang pendanaan dan beasiswa untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat.

“Untuk bisa memfasilitasi proses tersebut, kami membuat proses pelamaran Visa lebih mudah, bahkan hampir semua pelamar Visa dari Indonesia itu disetujui, dan mayoritas aplikan visa untuk student Indonesia itu disetujui,” tambahnya.

Oleh karena itu, Duta Besar Amerika Serikat mengundang seluruh calon pelajar Indonesia untuk mempertimbangkan melanjutkan studi ke AS.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: