Implementasikan Kerjasama Perguruan Tinggi Mitra

Implementasikan Kerjasama Perguruan Tinggi Mitra

BUKA ACARA - Moderator sedang membuka acara INCOSHA. -Malekha-

*PPDK dan LPPM Unikal Gelar INCOSHA

KOTA - Dalam rangka mengimplementasikan kerjasama antara Perguruan Tinggi Mitra dari luar negeri, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) serta Program Pascasarjana dan Kerjasama (PPDK) Unikal menggelar Internasional Conference on Social Science, Humanities, Arts (INCOSHA) di Ruang Auditorium Gedung F lantai 8 Unikal, Rabu (7/6/2023).

Disampaikan Ketua INCOSHA Dr Chalimah MM bahwa kegiatan ini merupakan wadah bagi perguruan tinggi mitra untuk bisa saling berbagi belajar untuk memecahkan berbagai persoalan yang muncul, khususnya setelah pandemi. 

"Dari kegiatan ini maka kita bisa  melakukan sharing agar  dosen-dosen kita di Unikal ini mampu untuk memecahkan berbagai masalah yang muncul denagn belajar dari negara lain," ungkap Bu Chalimah, sapaan akrabnya.

Ditambahkan, tujuan berikutnya diselenggarakan INCOSHA ini adalah untuk meningkatkan potensi dan kompetensi dosen Unikal untuk menjadi lebih unggul. Karena bagaimanapun mendiskusikan permasalahan bersama sangat dibutuhkan dan bermanfaat karena bisa melihat persoalan dari berbagai sudut pandang serta bisa belajar dari Negara lain dalam menyelesaikan persoalan dari negara mereka.

Konfrensi Internasional yang kedua kalinya dilakukan oleh Unikal ini menghadirkan 3 speakers dari perguruan tinggi mitra luar Negeri dan 1 speaker dari Unikal, yaitu Victoria University of Wallington Dr Gillian Hubbard, An Giang University VNUHCM  Dr Huynh Thanh Tien, Kalasin University Asst. Prof. Dr Sattra Sahatsathatsana, Pekalongan University Dr Meliza. Sedangkan pemakalah yang turut menyampaikan pada konferensi Internasional ini adalah 57 pemakalah yang terdiri dari dosen dan mahasiswa S2 di seluruh Indonesia dan luar Negeri. Serta disambut antusias oleh para peserta konferensi hingga mencapai lebih dari 200 peserta konferensi. 

"Kami berharap tentunya dengan adanya konfrensi Internasional ini pemikiran dan kompetensi dosen Unikal bisa menjadi lebih baik, bisa betul-betul mengimplementasikan solusi dari konfrensi ini," jelas Bu Chalimah.

Yang jelas, ia menuturkan bahwa selepas adanya konferensi Internasional ini akan ada turunan program yang dilaksanakan oleh Unikal, seperti riset kolaborasi antar perguruan tinggi serta tulisan-tulisan yang dipaparkan pada konferensi Internasional ini bisa masuk pada proseding dengan skala scobus. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: