Jelang Idul Adha, Kota Pekalongan Gelar Kontes Bazar Hewan Ternak Kurban 2023

Jelang Idul Adha, Kota Pekalongan Gelar Kontes Bazar Hewan Ternak Kurban 2023

BAZAR- Bazar Kontes Hewan Kurban Ternak Kurban di Kota Pekalongan tengah berlangsung di Tahura Lapangan Mataram, Kota Pekalongan,(11/6/2023).-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN- Persiapan jelang hari raya Idul Adha Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) setempat bekerjasama dengan Persatuan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPKDI) Cabang Pekalongan menggelar kegiatan Kontes Bazar Hewan Ternak kurban 2023.

"Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul kurban, sesuai saran Pemkot sendiri untuk mendorong para peternak di Kota Pekalongan. Disini juga membantu minat masyarakat Kota Pekalongan dalam mencari hewan kurban tidak usah jauh-jauh mencari diluar Pekalongan. Masalah harga nanti bisa nego kisaran Rp2.5 juta hingga Rp6 jutaan," ungkap Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Mu'adi, Minggu (11/6/2023).

Pameran Bazaar Kambing atau Domba Kurban yang Sehat sendiri akan digelar sejak Minggu (11/6/2023) hingga Selasa (13/6/2023) berlokasi di Tahura Lapangan Mataram, Kota Pekalongan.

"Semua peserta kontes hewan ternak kurban sendiri semua berasal dari Kota Pekalongan. Dimana ada sekitar 20 peserta kontes nantinya," lebih lanjut.

Lebih lanjut, pihaknya menghimbau bagi masyarakat Kota Pekalongan barangkali ada yang berminat untuk membeli hewan kurban di Kontes Bazar Hewan Ternak Kurban ini.

"Semua hewan disini sudah memenuhi syarat baik secara aturan pemerintah maupun agama. Dan disini juga bisa sebagai wadah edukasi baik untuk masyarakat maupun peternak yang ada di Kota Pekalongan," lanjutnya.

Pihaknya pun berharap melalui kolaborasi antara pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinperpa dengan para produksi peternak Kota Pekalongan Binaan tersebut bisa memudahkan masyarakat mencari hewan kurban serta mampu mensejahterakan para peternak binaan tersebut.

"Melalui kolaborasi ini para peternak bisa mampu menghasilkan produk ternak yang unggul, betul-betul sehat dan memang dibutuhkan oleh masyarakat. Dan tentunya mampu meningkatkan kesejahteraan para peternak di Kota Pekalongan. Dan pastinya membantu masyarakat untuk mempermudah mencari hewan kurban di Hari raya kurban nanti," terangnya kembali.

Ditempat sama, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi menyebutkan untuk syarat kontes hewan kurban yang diikut sertakan dalam pameran Bazaar hewan kali ini meliputi Hewan kambing kurban jantan, sudah berumur satu tahun lebih kemudian dinyatakan sehat dengan surat keterangan kesehatan hewan Dinperpa. 

"Dan tak lupa dinilai hewan kurban dari segi berat badan, penampilan, kebersihan hingga status kesehatan nya," lanjut Ilena.

Antusias sendiri sejuah ini sudah nampak, bahkan ada dari beberapa masyarakat sudah melakukan transaksi dilokasi.

"Untuk peternak yang terlibat dalam kegiatan berharap motivasi mereka bisa lebih baik. Lebih percaya diri merencanakan usaha ternak kedepan agar bisa ditingkatkan. Berharap juga mereka dapat keuntungan lebih tinggi dari biasanya," katanya.

Pihaknya pun mengingatkan kembali bagi masyarakat Kota Pekalongan untuk bisa memilih hewan kurban yang baik. Karena kurban tahun ini dilingkupi kewaspadaan terhadap penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dan Peste de Petits Ruminant (PPR) untuk kambing dan domba.

"Kami disini sudah menyeleksi kambing yang sudah dinyatakan sehat untuk warga kota Pekalongan. Dan ada baiknya untuk berpartisipasi membeli kambing ataupun domba milik warga Kota Pekalongan sendiri tidak perlu jauh-jauh dan dijamin sehat," tandasnya.(ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: