Harga Sapi Melambung, Penjualan Kambing Meningkat di Idul Adha 2024

Harga Sapi Melambung, Penjualan Kambing Meningkat di Idul Adha 2024

Kandang kambing di salah satu penjual kambing Kabupaten batang-IST-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Harga sapi yang melambung membuat banyak masyarakat beralih untuk berkurban menggunakan kambing. Hal ini pun turut meningkatkan penjualan. kambing pada Idul Adha 2024 ini.

Demikian seperti disampaikan salah satu penjual kambing kurban, Solihin. Dijelaskannya, harga tiap ekor kambing berkisar antara Rp3,5 juta untuk ukuran sedang, Rp5 juta ukuran besar dan Rp6 juta untuk ukuran super jenis Ettawa. 

BACA JUGA:Apa Hukumnya Ikut Mengkonsumsi Daging Kurban Sendiri ? Berikut Pendapat dari 4 Mazhab

“Pembelinya kemarin dari pengusaha yang memesan 30 ekor kambing dari berbagai jenis dan ukuran hingga warga umum dari Batang dan Pekalongan,” katanya, usai melayani pembeli, di lapak Pasar Sambong, Kabupaten Batang, Minggu 16 Juni 2024. 

Menurutnya penjualan kambingnya meningkat  karena sebagian besar warga hanya memiliki anggaran terbatas, sehingga kambing menjadi alternatif berkurban.

“Stok yang disiapkan ada 200 ekor kambing. Alhamdulillah sudah laku 60 ekor,” ungkapnya.

BACA JUGA:Geliat Penjualan Sapi Kurban di Pekalongan Jelang Idul Adha 2024

Salah satu pembeli, Yoki memilih untuk membeli kambing kurban di lapak dadakan di sepanjang jalur Pantura. Ia berencana membeli satu ekor kambing jantan ukuran sedang yang diniatkan untuk kurban ibu mertuanya.

“Tadi sudah milih kambing ukuran sedang seharga Rp3,5 juta. Dan harganya masih kategori tidak terlalu mahal,” ujar dia.

Beberapa kategori kambing yang akan dikurbankan harus sehat dan sesuai syariah, jantan dan telah berusia 2 tahun lebih. (Nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: