Saatnya yang Muda Songsong Bonus Demografi 2035

Saatnya yang Muda Songsong Bonus Demografi 2035

DILEPAS - Sebanyak 370 Pengurus Karang Taruna se Kabupaten Kendal yang dilepas Bupati Dico untuk berpartisipasi dalam Jambore Karang Taruna di Karanganyar.-red/sef-

*Bupati Lepas 370 Peserta Jambore Karang Taruna

KENDAL - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, kembali mengingatkan pentingnya mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi tahun 2035. Salah satunya dengan mempersiapkan anak-anak muda yang aktif dan produktif, sehingga bonus demografi kelak benar-benar menjadi berkah bagi Indonesia maupun Kabupaten Kendal.

Pesan itu disampaikan Bupati Dico, Rabu (14/6/2023), saat melepas 370 Pengurus Karang Taruna se Kabupaten Kendal untuk berpartisipasi dalam kegiatan Jambore Karang Taruna 2023 yang dipusatkan di Sakura Hills, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, 14-15 Juni 2023.

Bupati berharap, kegiatan Jambore Karang Taruna dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas generasi muda Kendal melalui wadah resmi yaitu karakteristik.

“Karang Taruna ini menjadi wadah yang baik untuk generasi muda bisa melakukan aktivitas yang positif, meningkatkan produktivitasnya, dan memastikan bahwa kesiapan generasi muda kita menghadapi bonus demografi pada tahun 2035 di Kabupaten Kendal ini bisa benar-benar kita wujudkan dengan baik,” ungkapnya.

Menurut Bupati, kesiapan menghadapi bonus demografi tersebut adalah juga dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia maupun di Kendal.

“Jadi kita memastikan generasi muda kita, mempersiapkan diri dengan baik agar akselerasi ekonomi kita ke depan bisa lebih maksimal dan kita dari Pemda harus menyiapkan dari hulu sampai hilir. Nah salah satunya bagaimana kegiatan-kegiatan positif karang taruna selaras dengan visi misi yaitu, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan kapasitas,” jelasnya.

Mengingat kegiatan ini amat positif, maka Bupati Dico berharap besar agar hasil dari Jambore Karang Taruna ini bisa diaplikasikan juga di lingkup Kabupaten Kendal. "Supaya hasil atau kemanfaatannya juga bisa dirasakan di Kabupaten Kendal," ucapnya. 

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Plt Kepala Dinsos Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, Jambore Karang Taruna Kendal diikuti sekitar 370 anggota, terdiri dari pengurus Karang Taruna kabupaten, pengurus kecamatan dan pengurus desa. Untuk desa hanya ketua dan sekretaris.

Sigit menjelaskan, kegiatan di Tawangmangu nanti ada talk show yang rencanya akan dihadiri Ketua Majelis Pertimbangan Pengurus Nasional Karang Taruna Gibran Rakabuming Raka yang juga sebagai Walikota Solo.

Selain talk show, ada juga lomba-lomba mulai dari lomba video dokumenter, yel-yel lomba mars karang taruna, selain itu, mereka di sana melaksanakan kemah jadi tidur di tenda-tenda,” terangnya. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: