Baru 25 Persen Pedagang Pasar yang Tercover BPJS Kesehatan

Baru 25 Persen Pedagang Pasar yang Tercover BPJS Kesehatan

SOSIALISASI - sosialisasi BPJS Kesehatan Pekalongan bersama Paguyuban Pedagang Pasar Batang (P3B), beberapa waktu lalu. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

 

BATANG - Dari sekitar 1.600 pedagang pasar Batang, baru sekitar 25 persennya yang tercover Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-BPJS Kesehatan. Oleh karenanya, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekalongan menggelar sosialisasi BPJS Kesehatan Pekalongan bersama Paguyuban Pedagang Pasar Batang (P3B), beberapa waktu lalu. 

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Batang (P3B), Anwar Rozikin menyebut seluruh komunitas pasar diundang dalam sosialisasi kali ini. Mulai dari pengelola pasar, seluruh pedagang, serta petugas parkir dan petugas bongkar muat. 

Ia mengapresiasi sosialisasi BPJS Kesehatan yang dilakukan pada para pedagang. Antusias para pedagang mengikuti pedagang itu sangat tinggi. 

"Banyak pertanyaan warga yang terjawab dengan kehadiran jajaran BPJS Kesehatan Pekalongan. Harapannya, para pedagang yang belum menjadi peserta bisa mendaftar," harapnya. 

Kegiatan sosialisasi jemput bola ini pun turut didukung oleh Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekalongan, Sri Mugirahayu. Program ini merupakan bentuk sambung rasa kepedulian BPJS kepada peserta untuk meningkatkan kesadaran pentingnya program JKN.

"Selain itu juga, memudahkan peserta dalam mengakses layanan baik administrasi maupun informasi tentang JKN tanpa perlu jauh-jauh ke kantor," tuturnya. 

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekalongan, Fredericus Hardianto Wijoyo menyebut sengaja jemput bola dan sosialisasi di Pasar Batang. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh penduduk di wilayah Batang mendapatkan sosialisasi program JKN.

"Jadi, harapannya dapat meningkatkan pemahaman, baik yang sudah terdaftar maupun yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan ke dalam program JKN," katanya.

Lelaki yang kerap disapa Didik ini menemukan banyak pedagang yang belum terdaftar jadi peserta JKN. Banyak mereka yang berminat untuk mendaftarkan diri, setelah mendapatkan sosialiasi. 

"Mungkin akan diagendakan satu kegiatan lagi yang secara kolektif ya, nanti kita akan datang dengan mobil customer service untuk memberikan layanan pendaftaran di khusus di pasar batang ini," pungkasnya. (nov)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: