Persiapan Kilat, Kloter Cadangan Akhirnya Berangkat

Persiapan Kilat, Kloter Cadangan Akhirnya Berangkat

LEPAS CALHAJ CADANGAN - Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki dan Kepala Kantor Kemenag Batang, Akhmad Farkhan melepas Calhaj Kloter sapu jagad, Minggu (18/6/2023).-Dhia Thufail-

*Total 39 Calhaj Diberangkatkan dalam 2 Kloter

BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang bersama Kantor Kementerian Agama setempat memberangkatkan 30 Calon Jamaah Haji (Calhaj) cadangan yang tergabung dalam kelompok terbang sapu jagat. Meski dengan persiapan yang relatif kilat, para calhaj ini diyakini tetap bisa beradaptasi melalui pembekalan KBIH selama ini.

Mereka diberangkatkan Minggu (18/6/2023) dari Pendopo Pemkab Batang oleh Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki beserta Kepala Kantor Kemenag Batang, Akhmad Farkhan.

Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengimbau agar Calhaj tetap menjalankan rukun, wajib dan sunah ibadah haji meskipun dengan persiapan yang cukup singkat, namun tidak mengurangi semangat memenuhi panggilan Allah Ta'ala ke Baitullah.

“Jaga selalu Kesehatannya supaya bisa melaksanakan wukuf di Arafah karena merupakan puncak ibadah haji. Semoga seluruh jamaah haji yang tergabung dalam kloter sapu jagat dimudahkan segala urusannya selama di Tanah Suci,” katanya.

Sementara itu, dikatakan Kepala Kantor Kemenag Batang, Akhmad Farkhan bahwa masih ada 9 Calhaj dari kloter sapu jagad yang akan menyusul untuk diberangkatkan pada Rabu (21/6/2023) mendatang.

"Jadi total ada 39 Calhaj cadangan asal Batang yang masuk pada kloter sapu jagad," terangnya.

Disampaikan juga oleh Farkhan, bahwa jika Calhaj pada umumnya melakukan proses manasik sebanyak 2 kali di tingkat kabupaten dan 6 kali di tingkat kecamatan.

Namun untuk kloter sapu jagad, hanya melaksanakan 1 kali teori dan 1 kali praktik, 

"Akan tetapi kami yakin semua materi bisa dipahami oleh Calhaj, karena disana nantinya juga ada pembimbing di Tanah Suci," katanya.

Sementara itu, salah satu JCH kloter sapu jagat, Kus Anwaruddin (51) dari KBIH Aisyiyah Tersono menyampaikan, cukup mengejutkan mendengar kabar ia bersama istri termasuk jamaah cadangan ke-3, karena jika melihat tahun keberangkatan, direncanakan akan berangkat tahun 2024 mendatang.

“Kami dikabari tanggal 15 Mei dan uang pelunasan kami siapkan selama sepekan. Proses manasik walaupun cukup singkat, tapi tetap dibantu sama pembimbing,” ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, 39 Calhaj cadangan asal Batang akan diberangkatkan melalui dua kloter berbeda. Di mana 30 Calhaj akan diberangkatkan pada 18 Juni 2023 melalui kloter 85B, dan 9 Calhaj lainnya akan diberangkatkan pada 21 Juni 2023 melalui kloter 94. (fel)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: