Pengukuhan IPI, Bawa Angin Segar untuk Tingkatkan IPLM

Pengukuhan IPI, Bawa Angin Segar untuk Tingkatkan IPLM

DOK - Anggota KPI membacakan sumpah ikrar jabatan dalam pengukuhan.-Malekha-

KOTA - Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) masih terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpus), salah satunya dengan mengukuhkan organisasi profesi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Pekalongan, yang dilaksanakan di Perpustakaan Masyarakat (Perpusmas) Cerdas Kertoharjo, Senin (26/6/2023).

Pengukuhan IPI Kota Pekalongan dihadiri oleh Kepala Dinarpus, Soeroso, Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggit Soraya, perwakilan IPI Provinsi Jawa Tengah, masyarakat sekitar dan tamu undangan lainnya.

Soeroso mengatakan bahwa IPI telah berdiri selama 50 tahun sejak tahun 1973, namun kiprah dan kontribusinya dalam media literasi belum maksimal.

“Kami membentuk IPI Kota Pekalongan agar dapat bekerjasama dengan literasi dan layanan kami, harus mendorong organisasinya untuk ikut berkontribusi lebih besar bagi kebangkitan IPLM Kota Pekalongan," ujarnya.

Tak bisa dipungkiri, upaya-upaya yang dilakukan seperti sosialisasi melalui roadshow dan talkshow yang ditujukan kepada masyarakat dan mahasiswa telah mengangkat IPLM dari peringkat 32 se-Jawa Tengah menjadi peringkat 13. "Kami akan terus mendorong sampai peringkat maksimal," lanjut Soeroso.

Sementara itu, Ketua IPI Kota Pekalongan Joko Setyo usai dilantik akan segera berkoordinasi dan bergerak bersama 30 anggotanya untuk merumuskan program kerja ke depan. 

"Tugas yang kita emban bersama agar IPLM semakin berkembang, tentunya juga membangun relasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Joko.

Ditambahkannya, pihaknya juga akan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam seluruh kegiatan literasi di Kota Pekalongan, sehingga masyarakat dapat mengikuti perkembangan digitalisasi tanpa meninggalkan budaya membaca. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: