PPDB Online Ditutup, 3 Sekolah Belum Penuhi Kuota

PPDB Online Ditutup, 3 Sekolah Belum Penuhi Kuota

Pendaftaran PPDB Online di salah satu sekolah. -IST-

BATANG, RADARPEKALONGAN - PPDB Online Tahun Ajaran 2023/2024 jenjang SMP negeri di Batang, ditutup beberapa waktu lalu. Pada 30 Juni lalu, masing-masing sekolah pun sudah mengumumkan peserta yang lolos seleksi melalui website sekolah.

Kabid SMP Disdikbud Batang, Sumanto melalui Kasi Kesiswaan, Daniel menjelaskan, hingga penutupan kemarin masih ada 3 sekolah yang belum memenuhi kuota. Yakni SMPN 1 Gringsing dengan, SMPN 4 Gringsing dan SMPN 2 Bawang.

"Dari distribusi calon peserra didik zonasi, terdapat 3 sekolah yang masih belum terpenuhi. Yakni SMPN 1 gringsing yang kurang 2 siswa, SMPN 4 Gringsing yang kurang 19 siswa, serta SMPN 2 Bawang yang kurang 7 siswa," ujarnya.

Meski begitu menurut Daniel ini bukanlah keputusan final. Karena keputusan final tersebut hanya bisa ditentukan oleh calon peserta didik (CPD) ketika melakukan daftar ulang. Tahap daftar ulang sendiri akan dilakukan mulai 3-4 Juli 2023 nanti.

"Jadi sekolah yang mendapatkan distribusi peserta didik oleh sistem aplikasi, masih dihantui apakah calon peserta didik yang bersangkutan pada akhirnya melakukan daftar ulang. Bisa jadi calon peserta didik tidak cocok dengan sekolah hasil distribusi, misal karena terlalu jauh," tutur Daniel.

Hal ini juga nantinya bisa berpengaruh pada kuota masing-masing sekolah. Bisa jadi sekolah yang kuotanya belum penuh mendapatkan tambahan siswa, dari yang tidak melakukan daftar ulang di sekolah yang ditentukan oleh distribusi aplikasi.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada kendala dalam pelaksanaan PPDB. Meski begitu diakuinya pelaksana agak kelimpungan, karena berbarengan dengan cuti bersama. Sehingga ketika cuti bersama pelayanan on the spot di sekolah kurang maksimal.

"Pada saat cuti bersama tidak bisa maksimal, karena hanya ada petugas piket. Akan tetapi masyarakat masih bisa memdaftar mandiri secara online," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: