CPD Mulai Jalani Daftar Ulang PPDB Jenjang SMP

CPD Mulai Jalani Daftar Ulang PPDB Jenjang SMP

Rapat Koordinasi dan Donor Darah yang digelar di Kantor PPK Batang, Selasa (13/6/2023).-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

BATANG - Mulai Senin (3/7/2023), calon peserta didik (CPD) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Batang mulai melakukan pendaftaran ulang. Seperti yang dilihat di SMPN 6 Batang, para CPD didampingi orang tua mengikuti tahap pendaftaran ulang.  

Kepala SMPN 6 Batang, Ari Tonang didampingi Sekretaris Panitia PPDB, Dwi Larasati menyebut daftar ulang di sekolahnya dibagi menjadi dua hari. Untuk hari pertama, 3 Juli pendaftaran ulang dibuka untuk CPD yang lolos jalur zonasi. Sementara untuk tanggal 4 Juli mendatang dibuka untuk CPD yang lolos di jalur prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua. 

"Kami bagi agar pelaksanaan daftar ulang lebih tertib. Untuk hari pertama ini kami buka untuk yang diterima di jalur zonasi, sekitar 143 siswa. Sekitar 90 persen sudah melakukan daftar ulang pagi ini. Dan masih kami buka hingga jam kerja," ujarnya. 

Diterangkan, tahun ini sendiri SMPN 6 Batang membuka kuota pendaftaran untuk 224 siswa. Dimana untuk tahun ini ada sekitar 242 lebih CPD yang mendaftar. 

Dari empat jalur yang dibuka, jalur perpindahan orang tua di SMPN 6 Batang sendiri tidak memenuhi kuota. Sehingga akhirnya kuota untuk jalur zonasi pun ditambahkan dari sisa kuota dari jalur perpindahan orang tua. 

Dikatakannya, untuk jalur perpindahan orang tua ini memang cukup sulit dilakukan. Terlebih banyak orang tua yang bekerja di sektor informal. Sehingga terkait syarat administrasinya tidak bisa terpenuhi lantaran tidak adanya dinas atau instansi terkait yang bisa memverifikasi perpindahan tugas tersebut. 

"Kalau dari jalur perpindahan orang tua, kebetulan ada juga yang bapaknya dari Tasik, kemudian anaknya mau pindah untuk sekolah ke Batang. Cuma karena mereka pedagang Informal, mereka tidak bisa masuk jalur perpindahan orang tua. Padahal jika bisa memakai jalur ini peluangnya bisa lebih besar," pungkasnya.(Nov)

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: