Saatnya ASN Kendal Berpikir Out of The Box

 Saatnya ASN Kendal Berpikir Out of The Box

PIMPIN APEL - Bupati Dico M Ganinduto saat memimpin Apel Bersama ASN Pemkab Kendal di awal Juli 2023, Senin (3/7/2023), di Alun-alun Kendal.-red/sef-

*Percepat Penanganan Berbagai Masalah

KENDAL - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, meminta jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kendal untuk tak hanya bekerja maksimal sesuai tupoksinya. Lebih dari itu, demi menjawab tuntutan pelayanan cepat saat ini, setiap ASN juga sudah saatnya berpikir kritis dan out of the box guna menjawab permasalahan-permasalahan yang ada.

Pesan ini disampaikan Bupati Dico saat memimpin Apel Bersama awal bulan Juli 2023 di di Alun-alun Kabupaten Kendal, Senin (3/7/2023). Apel ini mengangkat tema "Evaluasi Kegiatan Semester I dan Upaya Pengingkatan Kinerja".

Dalam kesempatan ini, Bupati mengingatkan seluruh Perangkat Daerah untuk bekerja secara kolaboratif dengan melibatkan melibatkan seluruh elemen, tanggung jawab menjadi prioritas yang wajib diperhatikan untuk setiap instansi Pemerintah.

“Kepada seluruh instansi tolong dibuka kembali apa yang menjadi tanggung jawab, posisi masing – masing instansi harus dilihat. Jalin komunikasi antar instansi lintas Dinas guna mewujudkan peningkatan kinerja,” jelas Bupati Dico.

Pemerintah terus berupaya memperbaiki indikator capaian kinerja yang ada di Kabupaten Kendal. Secara khusus, Bupati Dico memberikan atensi terhadap kinerja seluruh ASN di jajaran Pemkab Kendal. "Penting bagi setiap ASN untuk menjalankan tugas dan tupoksi yang ada dengan baik, bahkan harus kreatif dan inovatif," ujarnya. 

Tak hanya itu, di era saat ini seorang ASN bahkan tidak cukup hanya bekerja seperti pada umumnya, lebih dari itu juga dituntut untuk berpikir di luar kebiasaan atau non mainstream dalam upaya memecahkan masalah dan lainnya.

"ASN harus mampu berpikir Out of The Box, berpikir kritis agar dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dan dihadapi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kendal," tegas Bupati.

Sikap tersebut dibutuhkan dalam upaya menjaga kualitas pelayanan publik. Terlebih, pada Triwulan I Tahun 2023 ini Pemkab Kendal juga sudah mendapatkan penghargaan Peringkat 5 Kategori Kabupaten Terbaik dari Kementerian Dalam Negeri RI pada penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2023.

"Maka Pemkab Kendal akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terima kasih kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Kabupaten Kendal yang telah melaksanakan SPM dengan baik," ujarnya.

Sampai dengan semester 1 kemarin, terdapat 6 (enam) dari total 12 (dua belas) program prioritas tahun 2023 yang sudah berkontrak dan siap untuk dilaksanakan. Beberapa pekerjaan dimaksud, yakni Pembangunan/Renovasi Masjid Agung Kendal, Pembangunan Gedung Olahraga dan Youth Centre di Stadion Utama Kendal, Pembangunan Ruang Terbuka Hijau Kaliwungu, Pembangunan Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan, Penyempurnaan Gedung Perpustakaan Baru dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi di Wonorejo DEsa Kedungsuren Kecamatan Kaliwungu Selatan. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: