Sejumlah Kades di Limpung Adukan Dugaan Pemerasan Oknum Mengaku Wartawan ke Polisi

Sejumlah Kades di Limpung Adukan Dugaan Pemerasan Oknum Mengaku Wartawan ke Polisi

Salah seorang kades di Kecamatan Limpung ini mengadukan dugaan pemerasan oleh oknum yang mengaku wartawan ke penyidik unit I Satreskrim Polres Batang.-Dony Widyo-

BATANG - Sejumlah Kepala Desa (Kades) yang tergabung dalam Paguyuban Kades Sang Pamomong Kecamatan Limpung, Rabu 5 Juni 2023 mendatangi Mapolres Batang. 

Kedatangan mereka untuk mendampingi salah seorang rekannya yang akan mengadukan adanya dugaan pemerasan yang dilakukan oknum yang mengaku sebagai wartawan.

Tidak hanya pemerasan, oknum yang mendatangi kantor desa tersebut juga diduga melakukan intimidasi terhadap kades.

Ketua Sang Pamomong Kecamatan Limpung, Yogi Aditya mengungkapkan, pihaknya sengaja mendatangi Mapolres Batang guna menginformasikan adanya kades yang diduga telah menjadi korban pemerasan oleh oknum tertentu.

"Kami menginformasikan pada petugas terkait adanya rekan kades yang merasa dirugikan oleh ulah beberapa oknum yang rasanya sudah mengarah ke pemerasan," ungkap Yogi Aditya ketika ditemui di Mapolres Batang, Rabu 5 Juni 2023.

Menurutnya oknum tersebut datang ke kantor  desa dan menemui kades, kemudian mengatakan bahwa pekerjaan fisik yang dikerjakan oleh pihak desa ada kesalahan.

Oknum tersebut mengatakan jika pekerjaan tidak sesuai spek seperti yang ada di RAB dan beberapa alasan lainnya. 

Selanjutnya oknum tersebut menyampaikan sejumlah ancaman akan melakukan ini itu. Namun ujung-ujungnya meminta adanya kontribusi dari pihak kades, yaitu berupa sejumlah uang.

Untuk wilayah Kecamatan Limpung sendiri saat ini baru satu kades yang berani mengungkapkan dugaan adanya pemerasan yang dialaminya. Dia mengaku dimintai uang sebesar Rp 7 juta.

"Oknum yang datang ke desa itu mengakunya sebagai awak media. Namun ya memang kurangnya kami tidak menanyakan terkait id card dan juga identitas dari medianya. Sedangkan untuk oknum yang datang ke desa itu sendiri kemarin ada 2 orang," bener pria yang juga Kades Limpung itu.

Dengan adanya peristiwa tersebut, maka atas dasar kesepakatan para kades, diputuskan untuk mengadukan adanya dugaan pemerasan tersebut ke Satreskrim Polres Batang.

"Keresahan dari rekan-rekan kades di Kecamatan Limpung tadi sudah kita laporkan ke Kasat Reskrim Polres Batang. Dan apabila diminta untuk membuat aduan atau laporan resmi, kita siap melakukannya," tandas Yoga Aditya.

Kasatreskrim Polres Batang AKP Andi Fajar ketika dikonfirmasi membenarkan jika ada perwakilan dari Paguyuban Kades di Kecamatan Limpung yang menemui pihaknya

"Rekan-rekan kades datang untuk berkonsultasi terkait permasalahan yang ada di desanya. Yaitu adanya oknum tertentu yang datang menemui kades, dan kemudian meminta sesuatu," kata Kasat Reskrim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: