Simak Ini, Tips Agar Aki Motor Tidak Cepat Soak

Simak Ini, Tips Agar Aki Motor Tidak Cepat Soak

MATIC - Sepeda motor matic saat ini banyak menggunakan penyanggah atau standar samping (side stand switch) yang bisa mematikan mesin motor.-Anang-

SEMARANG - Sepeda motor matic atau model skutik saat ini sudah banyak yang menggunakan penyanggah atau standar samping (side stand switch) yang bisa mematikan mesin motor. Fitur ini memungkinkan mesin langsung mati saat pengemudi turun dari motor. Seiring berkembangnya teknologi, saat ini semua motor matic sudah menggunakan fitur side stand switch. 

Oke Desianto selaku Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah mengatakan, "Sebelum teknologi ini ada, banyak pemilik motor matic yang meninggalkan motornya dalam keadaan mesin masih menyala. Hal ini tentu berbahaya, karena jika ada anak yang iseng maka motor bisa langsung terpental. Melalui fitur ini, mesin motor akan mati jika standar samping diturunkan," kata Oke.

Pada bagian pangkal standar dihubungkan dengan engine control unit (ECU) guna memutus sistem pengapian secara otomatis. Namun, karena kecanggihan teknologi ini, banyak pengguna motor yang justru mematikan mesin dengan menegakkan standar samping dan bukan memutar kunci kontak.

Sebetulnya tidak ada masalah, tapi terlalu sering menggunakan fitur itu untuk mematikan mesin akan membuat aki soak. Jadi saat standar samping diturunkan, kunci kontak harus segera dimatikan, karena pada saat mesin mati dengan menggunakan standar samping, kelistrikan motor tetap menyala.

Jika terlalu lama dibiarkan menggunakan cara ini aki akan cepat tekor. Apalagi, jika motor belum menggunakan lampu LED, dijamin akan lebih cepat membuat aki tekor.

"Sama halnya jika kita memastikan menggunakan switch cut off yang ada di setang motor sport. Jika kunci kontaknya tidak dimatikan, aki pasti akan soak," jelas Oke. (nang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: