Ribuan Buku Penuhi Koleksi Perpustakaan

Ribuan Buku Penuhi Koleksi Perpustakaan

DOK - Kegiatan membaca buku di Perpustakaan.-Malekha-

*Sambut Tahun Ajaran Baru

KOTA - Dalam menyambut tahun ajaran baru pada pertengahan bulan Juli mendatang, SD Kradenan 01 menyiapkan ribuan buku untuk menjadi koleksi di Perpustakaan sekolah agar bisa dimanfaatkan oleh siswa. 

Hal ini tentunya sekaligus juga menjadi sarana untuk meningkatkan budaya baca siswa serta mendorong kecintaan terhadap buku dengan  cara memanfaatkan dan memperluas   pengetahuan yang dimiliki. 

Demikian disampaikan Kepala SD Kradenan 01 Walinah, Selasa (11/7/2023). Pengelolaan bahan bacaan pun sudah dilakukan SD Kradenan 01 secara baik, sehingga tidak dikhawatirkan adanya tabrakan saat peminjaman mengingat jumlah siswa SD Kradenan 01 cukup banyak.

“Jadwal yang kita bikin, utuk kelas 6, kita membuatkan daftar buku apa saja yang dibaca, sedangkan untuk kelas 1-5 bebas, bisa meminjam baik fiksi maupun non fiksi namun sesuai jadwalnya,” kata Walinah.

Program ini juga didukung dengan adanya pojok baca di setiap kelas. Yang tentunya dengan komitmen yang sama yaitu membaca 15 menit pertama sebelum kelas dimulai.

Saat pandemi, program literasi sekolah sempat terhambat karena memang pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menggunakan online. Namun saat ini semangat literasi kembali menggelora terlebih banyak pihak yang mendukung dengan program ini.

Untuk meningkatkan minat baca siswa, rencananya kedepan siswa akan diberikan rangkuman dari buku yang telah dibaca dan menceritakannya kembali di depan kelas masing-masing.

"Dengan semua program yang kita miliki, kita berharap akan muncul generasi-generasi yang mencintai buku dibandingkan dengan dunia digital. Sehingga bisa meningkatkan rate minat baca Indonesia," pungkas Walinah. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: