Saatnya Para Santri Mengembangkan Warisan KH Nur Chozin

Saatnya Para Santri Mengembangkan Warisan KH Nur Chozin

SAMBUTAN - Bupati Dico M Ganinduto menyampaikan sambutan di hadapan jamaah haul ke-17 KH Nur Chozin dan wisuda ke-17 Khotmil Qur'an Santri Ponpes Nurul Qur'an Sukolilan, Patebon.-red/sef-

KENDAL - Kegiatan haul ke-17 Almaghfurlah KH Nur Chozin Sukolilan Patebon tahun 2023 ini diharapkan menjadi momentum bagi para para santri Pondok Pesantren Nurul Qur'an untuk melanjutkan dan mengembangkan warisan sang kiai. Salah satunya dengan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) santri agar unggul dan berdaya saing serta berkarakter.

Demikian pesan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang menghadiri haul KH Nur Chozin dan acara Wisuda ke-17 Khotmil Qur'an Santri Pondok Pesantren Nurul Qur'an Sukolilan, Selasa (18/72023), di halaman Masjid Almutaqin Desa Sukolilan, Patebon, Kendal.

Menurut Bupati Dico, sebagai generasi penerus, para santri harus bisa mengembangkan apa yang sudah dilakukan dan diajarkan oleh Alm Almaghfurllah KH Nur Chozin Sukolilan Patebon, yaitu terus meningkatkan kualitas  SDM para santri agar memiliki akhlak yang mulia.

"Hal itulah yang menjadi cita-cita kita bersama, agar Kabupaten Kendal ke depan selalu dalam lindungan Allah SWT," tutur Bupati Kendal Dico M. Ganinduto.

Bupati Kendal juga menyampaikan, pada pengajian pagi hari ini, mudah-mudahan apa yang menjadi hajat dari para wali santri, para santri dan masyarakat dapat dikabulkan oleh Allah SWT, dan ilmu yang diperoleh oleh para santri dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Kendal.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada para santri yang hari ini melakukan khataman A-Qur'an, semoga ilmunya bermanfaat, dan nantinya bisa membanggakan kedua orang tua, serta mendapat keberkahan dan bisa bermanfaat bagi orang banyak, khususnya masyarakat di Kabupaten Kendal," tutur Bupati Dico.

Bupati Kendal juga berharap, mudah-mudahan kegiatan keagamaan ini terus berjalan dengan baik di Kabupaten Kendal, sehingga akan lebih banyak lagi Hafidz dan Hafidzah yang lahir dari putra putri kita yang ada di Kabupaten Kendal.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qur'an, KH Idris Nor dalam acara tersebut menjelaskan, bahwa haul ini merupakan yang ke-17 tahun dalam rangka untuk memperingati dan mendoakan Almaghfurllah KH Nur Chozin sebagai tokoh penyiar agama di Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal.

"Selain itu, dalam kesempatan yang sama, kami dari Ponpes Nurul Qur'an juga melaksanakan Khomil Qur'an wisuda ke-17 Santri Pondok Pesantren Nurul Qur'an Sukolilan Patebon," ujar KH. Idris Nor.

Pengasuh Ponpes Nurul Qur'an juga mengungkapkan, wisuda kali ini diikuti 42 santri, yang semuanya telah dinyatakan lulus. Ada 5 orang santri yang bisa menghafal 30 juz, dan selebihnya adalah dengan Binnadhor.

"Ke depan atas doa restu dari para wali santri, masyarakat, dan Pemerintah Kabupaten Kendal harapannya pondok pesantren Nurul Qur'an bisa terus memberikan pendidikan akhlakul karimah kepada putra putri khususnya masyarakat Kabupaten Kendal," tutur KH. Idris Nor.

Tak lupa pihaknya juga menitipkan pesan kepada para santri, agar terus mengembangkan ilmu yang diperoleh dari Pondok Pesantren dan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Perlu diketahui bahwa dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dandim Kendal, Letkol Inf. Mishael Marthen Jenry Polii, Forkopimcam Patebon, dan para Pimpinan Pondok Pesantren di Kabupaten Kendal, serta diikuti oleh ribuan masyarakat Kabupaten Kendal. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: