Amalan Sunah di Bulan Muharam, Yuk Puasa Sunah Asyura, Penebus Dosa Setahun yang Telah Lewat

Amalan Sunah di Bulan Muharam, Yuk Puasa Sunah Asyura, Penebus Dosa Setahun yang Telah Lewat

Ilustrasi masjid-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Bulan Muharam merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan dalam Islam. Untuk itu, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan di bulan suci ini, sebab pahalanya dilipatgandakan. Salah satunya dengan melaksanakan amalan puasa sunah Asyura pada sepuluh Muharam. 

Selain dianjurkan untuk memperbanyak amalan saleh, di bulan Muharam ditekankan pula untuk tidak berbuat maksiat atau tidak berbuat zalim. Pasalnya, dosanya akan dilipatgandakan pula. 

Allah Ta’ala berfirman dalam Surat At Taubah ayat 36,

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتَابِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّماَوَاتِ وَاْلأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ فَلاَتَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu”.

Untuk itu, selama bulan Muharam berhati-hati dari kezaliman, baik menzalimi diri sendiri maupun menzalimi orang lain. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berwasiat dalam sabdanya.

اتَّقُوا الظُّلْمَ فَإِنﱠ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Tahukah kalian dengan kezaliman, karena sesungguhnya kezaliman itu merupakan kegelapan-kegelapan pada hari kiamat”.

Ingat! Doanya orang-orang yang dizalimi dikabulkan oleh Allah Ta'ala, walaupun ia kafir atau jahat. Untuk itu, lindungi diri dari doanya orang yang kita zalimi.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ لِصَاحِبِهِ الْعُقُوْبَةَ مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ مِنَ الْبَغِى وَقَطِيْعَةِ الرَّحِمِ

“Tidak ada dari satu dosa pun yang lebih pantas untuk dicepatkan siksanya bagi pelaku dosa itu baik di dunia maupun di akhirat daripada melewati batas (kezaliman) dan memutus silaturahim”.

Baca juga:Keutamaan Bulan Muharam, Termasuk Empat Bulan yang Dimuliakan, Ustadz Khalid Basalamah Ingatkan Ini

Berikut ini amalan sunah di bulan Muharam yang dilansir dari muslimah.or.id:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: